Tempat Wisata yang Kece Badai Di Indonesia saat Liburan Tahun Baru

Kulinerasik.com - Liburan tahun baru adalah waktu yang ditunggu-tunggu oleh semua orang, setelah hampir satu tahun kita disibukkan dengan aktifitas kerja, tidak ada salahnya kita refreshing sembari menyiapkan resolusi di tahun 2019 nanti. Siapa tahu kita akan mendapat inspirasi atau ide cemerlang untuk resolusi tahun 2019. Nah berikut kami berikan rekomendasi tempat wisata yang kece badai untuk liburan tahun baru Anda.

Danau Toba
Wisata Danau Toba
Danau Toba termasuk wisata yang sangat populer dikalangan wisatawan, baik lokal maupun internasional. Dan tempat ini memang cocok untuk liburan tahun baru Anda. Ya keindahan wisata Danau Toba dengan Pulau Samosir di tengahnya memang membuat banyak orang yang kagum. Danau Toba sendiri merupakan sebuah danau raksasa yang terbentuk akibat dari aktivitas gunung berapi, memiliki panjang 100 km dan lebar 30 km dan termasuk sebagai danau vulkanik terindah yang ada di Indonesia. Ada banyak tempat wisata disekitar kawasan menuju Danau Toba. Seperti kawasan hutan pinus di sekitar danau, pemandian air hangat, dan air terjun. Di Pulau Samosir ada 2 desa wisata menarik, yaitu Tomok dan Tuktuk. Di Desa Tomok Anda bisa mengunjungi makam Raja Sidabutar, Museum Batak, dan melihat pertunjukan boneka Sigale-gale. Dan masih banyak lagi tempat wisata lainnya yang wajib Anda coba.

Anambas, Kepulauan Riau

Kalau Anda mengunjungi Kepulauan Riau, ada satu tempat wisata dengan pemandangan alam yang begitu memanjakan mata, Yakni Kepulauan Anambas. Seperti wisata Raja Ampat, tempat wisata yang pada 2013 lalu pernah dianugerahi sebagai Kepulauan Tropis Terbaik di Asia versi CNN ini memang menyimpan begitu banyak keindahan yang belum tersentuh tangan manusia. Keindahan laut biru dan pasir putihnya yang lembut disertai terumbu karang yang cantik dijamin akan memanjakan mata Anda.
Candi Muaro, Jambi

Di Jambi juga terdapat sebuah kompleks candi Hindu-Budha terbesar di Indonesia. Ya, Candi Muaro namanya. Tempat wisata bersejarah ini adalah peninggalan Kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Melayu dan diperkirakan sudah ada sejak abad 11 Masehi. Tempatnya yang menarik dan mempunyai nilai sejarah membuat Candi Muaro Jambi diresmikan sebagai Kawasan Wisata Sejarah Terpadu (KWST) pada 2012 silam oleh mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Tempat ini juga sangat popular di kalangan wisatawan domestik dan wisatawan asing. Dulunya tempat ini pernah dijadikan sebagai salah satu pusat tempat peribadahan agama Budha Tantri Mahayana di negeri ini.
Taman Nasional Way Kambas, Lampung

Taman Nasional Way Kambas adalah tempat penangkaran gajah. Terletak di Kecamatan Labuhan Timur, Lampung. Tempat wisata yang dikelola oleh Kementerian Perhutanan ini pertama kali dibangun pada tahun 1985 dan merupakan sekolah gajah pertama di Indonesia. Selain merupakan tempat konservasi dan pelatihan gajah, di TNWK juga terdapat International Rhino Foundation yang difungsikan sebagai tempat penangkaran badak dari kepunahan. Lampung memang destinasi wisata yang pas untuk Anda kunjungi pada liburan tahun baru.

Pulau Peucang, Banten
Di ujung paling barat Pulau Jawa terdapat tempat wisata yang menarik dan tak boleh dilewatkan, yakni Pulau Peucang. Pulau in terletak persis di sebelah timur Taman Nasional Ujun Kulon dan memiliki pemandangan yang begitu memesona. Pulau ini sudah resmi disahkan menjadi situs warisan budaya UNESCO. Di tempat wisata ini Anda bisa dengan mudah menjumpai aneka flora dan fauna khas Banten, seperti rusa, banteng Jawa, merak hijau, lutung, dan sebagainya. Anda juga bisa menikmati keindahan pasir putih dan birunya laut Pulau Peucang.
Kepulauan Seribu, DKI Jakarta

Di Jakarta juga terdapat tempat wisata yang memberikan kesan berbeda tentang kota ini. Yaitu di Kepulauan Seribu, di sini terdapat sebuah tempat wisata bertajuk Taman Nasional Kepulauan Seribu yang tidak hanya dijadikan sebagai zona konservasi, tapi juga tempat wisata. Selain itu, Kepulauan seribu juga memiliki banyak pulau cantik yang sangat cocok dijadikan destinasi liburan tahun baru, beberapa di antaranya adalah Pulau Kahyangan, Pulau Pabelokan, Pulau Bidadari, Pulau Onrust, dan masih banyak lagi yang lainnya. Karena air lautnya sangat jernih dan berpasir putih, tempat ini merupakan spot yang sangat cocok untuk menyelam, snorkeling, dan aktivitas air yang lainnya. Untuk bisa menikmati keindahan Kepulauan Seribu, Anda harus menyeberang menggunakan kapal yang disediakan di Pelabuhan Ancol selama 3 jam perjalanan.

Kawah Putih, Bandung - Jawa Barat

Kawah Putih berada di Bumi Pasundan, Bandung, Jawa Barat. Ada banyak tempat wisata dengan pemandangan memesona yang harus Anda kunjungi, termasuk Kawah Putih yang terletak di Ciwidey, Bandung. Terletak sekitar 50 km arah selatan Kota Bandung, objek wisata ini merupakan sebuah danau vulkanis yang dihasilkan dari letusan Gunung Patuha. Karena proses letusan, akhirnya tercampur dengan unsur belerang, tanah di kawasan wisata ini seluruhnya berwarna putih. Yang unik, danau di sini juga bisa berubah warna sesuai dengan kadar belerang, suhu, serta iklim. Karena letaknya berada pada ketinggian 2.400 dpl, cuaca di sini terbilang sangat dingin
Kota Lama Semarang, Jawa Tengah
Kota Lama, Semarang
Wisata yang satu ini berada di Jawa Tengah, tepatnya di Kota Semarang yang merupakan ibukota Provinsi Jawa Tengah. Semarang sendiri termasuk kota yang unik karena memiliki beragam tempat wisata, Banyak terdapat wisata sejarah, wisata alam, wisata budaya, kuliner, dan sebagainya. Termasuk yang paling populer di Semarang adalah kawasan Kota Lama. Kawasan ini merupakan peninggalan pemerintah kolonial Belanda sebagai pusat perdaganga, dengan luas sekitar 31 hektar. Ditempat wisata ini, Anda akan menjumpai banyak bangunan kuno berarsitektur Belanda yang banyak akan nilai sejarahnya, dan juga Stasiun Tawang, Polder Air Tawang, Gereja Blenduk, Jembatan Mberok, serta kawasan pertokoan. Konsep bangunan kota ini memang didesain mirip kota-kota di Belanda, kawasan Kota Lama Semarang dijuluki dengan The Little Netherlands.

Kepulauan Karimun Jawa, Jepara - Jawa Tengah

Masih di Provinsi Jawa Tengah, tepatnya di bagian utara Pulau Jawa, ada satu tempat wisata menarik lainnya yang wajib dikunjungi untuk liburan tahun baru, yakni Kepulauan Karimun Jawa. Tempat wisata ini berada dalam wilayah Kabupaten Jepara, merupakan titik paling pas untuk menikmati surga bawah laut dengan 90 jenis karang laut dan 240 lebih spesies ikan yang luar biasa cantik. Disini Anda bisa menikmati kawasan hutan mangrove dan melihat satwa khas di tempat wisata yang dijuluki sebagai Pulau Karibia-nya Jawa ini, seperti rusa, kera, penyu, beragam spesies burung.
Pantai Siung, Gunungkidul - Yogyakarta
Sekarang beranjak ke Kota Pelajar, tepatnya di Kota Yogyakarta yang memiliki banyak tempat wisata cantik yang tak kalah dengan yang ada di luar negeri, termasuk Pantai Siung di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Pantainya yang terletak di Kecamatan Tepus ini memang memiliki pesona yang memanjakan mata. Indahnya pasir putih dan air lautnya yang biru dan suasana di pantai ini membuat banyak orang yang ingin berlama-lama ditempat ini. Pantai Siung sangat cocok buat Anda yang ingin mencari inspirasi buat resolusi tahun 2019.
Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur

Di Jawa Timur juga terdapat wisata yang sangat indah dan populer dikalangan wisatawan lokal maupun internasional. Yuph, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Tempat wisata berupa taman nasional yang terletak di 4 kabupaten di Jawa Timur ini sendiri memiliki banyak objek menarik yang sangat indah untuk dilewatkan, Ada Gunung Bromo dan semeru, lautan pasir, Pantai Berbisik, Air Terjun Madakaripura, Ranu Pane, Ranu Kumbolo. Jangan sampai melewatkan liburan tahun baru Anda mengunjungi tempat wisata ini.
Kawah Ijen, Banyuwangi - Jawa Timur

Masih di Jawa Timur, ada satulagi tempat wisata yang eksotis. Tepatnya di Banyuwangi, ada satu tempat wisata menarik dan populer di kalangan wisatawan, yakni Kawah Ijen. Kawah Ijen termasuk danau belerang terbesar di Pulau Jawa. Yang membuat menarik, para pengunjung bisa menyaksikan pemandangan menakjubkan kawah berwarna toska dan biru api pada tengah malam menjelang subuh. Untuk menuju kelokasi puncak kawah, Anda harus mendaki tebing sepanjang 3 km dengan kemiringan pendakian sekitar 25-30 derajat.
Tugu Khatulistiwa, Pontianak - Kalimantan Barat

Tugu Khatulistiwa di Kalimantan Barat, tepatnya di Kota Pontianak. Wisata Tugu Khatulistiwa. Tugu yang berada persis di Jalan Khatulistiwa ini dibangun sebagai penanda garis lintang nol derajat bumi. Pada tanggal 21-23 Maret dan 21-23 September, Tugu Khatulistiwa ini menjadi lokasi diperingatinya Hari Kulminasi Matahari. Titik kulminasi adalah titik ketika posisi matahari persis berada di atas garis khatulistiwa. Pada saat momen langka ini berlangsung, bayangan benda akan menghilang selama beberapa detik. Peristiwa unik ini selalu menjadi hiburan menarik bagi warga dan wisatawan berkunjung pada hari tersebut. Wisata yang menarik lainnya adalah piagam bukti perlintasan garis khatulistiwa. Dalam piagam tersebut akan tercatat nama dan waktu kapan pengunjung melintasi garis khatulistiwa.
Nusa Dua, Bali
Nusa Dua, Bali
Salah satu surga wisata di Indonesia adalah Pulau Dewata, Bali. Pulau yang terkenal dengan sebutan Pulau Seribu Dewa. Pesonanya yang begitu memanjakan mata bahkan wisatawan dan selebriti mancanegara pun selau menghabiskan liburan tahun barunya ditempat ini. Di Bali ada satu tempat wisata yang begitu eksotis, yaitu Nusa Dua, obyek wisata pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dengan air lautnya berwarna biru jernih. Selain bisa berselancar di pantainya, Anda juga akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas yang ada di sekitar lokasi, Jangan sampai kelewetan untuk mengunjungi tempat ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel