Skip to main content

4 Menu Bakar Spesial Menjelang Tahun Baru

Kulinerasik.com - Sebentar lagi memasuki akhir tahun 2019, tentunya sebagian dari kalian sudah merencanakan kegiatan apa saja menjelang pergantian tahun baru. Yang seru sih tetep ngumpul bersama teman dan keluarga. Dan kegiatan yang tidak biisa dilepaskan dari tradisi tahun baru adalah bakar-bakaran, eitss, bukan bakar rumah ya! tapi memasak dengan cara dibakar.

Kalian bisa manfaatkan halaman rumah untuk bikin acara bakar-bakaran. Menunya gak usah terlalu mewah, yang penting acara ngumpul tahun baru bersama teman menjadi meriah.

Nah, apa saja menu bakar yang spesial di tahun baru nanti yang bisa kamu coba?

1. Ikan Bakar KecapMenu Bakar Spesial Tahun Baru

Ikan bakar kecap termasuk masakan yang proses pengolahannya minim. Tetapi minim bukan berarti rasanya juga minimalis. Asalkan menggunakan ikan yang segar, rasanya pasti nikmat, meskipun bumbu yang digunakan tak banyak.

Menu ikan bakar bumbu kecap didominasi dengan rasa asam manis dari jeruk nipis dan kecap manis. Bumbu kecap merupakan bumbu yang paling populer dan enak untuk membakar ikan. Selain penyajiannya yang mudah, rasanya juga enak, manis, gurih dan pedas. 

Caranya haluskan bawang merah, bawang putih dan garam. Lalu aduk dengan kecap manis dan air jeruk nipis hingga rata. Oleskan bumbu ini ke seluruh bagian badan ikan. Sambil dibakar bisa dioleskan bumbu lagi hingga rata.

2. Cumi Bakar Kecap

Menu Bakar Spesial Tahun Baru

Hidangan berbahan dasar cumi sangat beraneka ragam, salah satu yang lezat adalah cumi bakar. Untuk membuat cumi bakar ala resto dengan penampilannya yang cantik dan agar dagingnya bisa mekar dan keriting saat dipanggang, kamu harus membuat beberapa keratan di sepanjang badan cumi.

Cara memasaknya cukup mudah, yakni bersihkan cumi-cumi dan buang tintanya. Cuci bersih. Kerat-kerat sepanjang badan cumi, tapi jangan sampai terputus. Lumuri cumi dengan air jeruk nipis lalu diamkan selama 15 menit. Bilas kembali sampai bersih.

Campur bumbu halus dengan kecap dan air asam jawa, aduk hingga rata. Campur dan lumuri seluruh badan cumi dengan semua campuran bumbu, sambil sedikit diremas-remas agar bumbu meresap. Diamkan di kulkas selama 30 menit.

Panaskan pan atau wajan datar. Olesi dengan margarin. Taruh cumi dan bakar hingga matang, sambil sesekali dioles dan dibalik dengan sisa bumbu tadi. Angkat dan sajikan bersama sambal kecap.

3. Jagung Bakar Manis Pedas Asin

Menu Bakar Spesial Tahun Baru

Menu spesial di tahun baru yang tidak boleh terlewat adalah jagung bakar. Dan variasi rasa yang paling umum untuk jagung bakar adalah rasa manis pedas asin. Untuk membuat bumbu oles jagung bakar manis pedas asin, kamu membutuhkan bahan-bahan seperti madu, mentega, saus sambal botolan, air, dan garam.

Caranya, campurkan semua bahan-bahan di atas hingga tercampur rata. Olesi jagung bakar sebelum dibakar dan saat dibakar di atas panggangan.

4. Daging Bakar

Menu Bakar Spesial Tahun Baru

Menu spesial terakhir adalah daging bakar, kamu cukup menyiapkan daging yang sudah diiris tipis sesuai selera. Cara buatnya lumuri daging kambing dengan madu, air asam, dan bumbu halus. Kemudian tambahkan air, masak hingga daging empuk dan air mengering, angkat. Bakar daging hingga harum. Angkat, sajikan dengan saus. 


Itulah 4 menu bakar spesial untuk menemani pergantian tahun baru nanti. Semoga liburmu menyenangkan ya!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar