Skip to main content

5 Makanan Khas Surakarta yang Wajib Anda Coba!

Kulinerasik.com, Makanan Khas Surakarta - Surakarta, juga dikenal sebagai Solo, adalah kota di Jawa Tengah, Indonesia. Kota ini dikenal karena budaya dan sejarahnya yang kaya, dan tentu saja, makanannya yang lezat!

Makanan Khas Surakarta

5 Makanan Khas Surakarta

Apabila Anda sedang berkunjung atau mungkin melewati kawasan Surakarta, jangan lupa untuk mencicipi makanan khasnya yang terkenal sangat enak dan wajib dicoba. Berikut adalah 5 makanan tradisional teratas dari Surakarta yang harus Anda coba.

1. Nasi Liwet

Nasi Liwet adalah jenis hidangan nasi yang dimasak dengan berbagai bahan seperti bawang merah, bawang putih, serai, dan lainnya. Nasi ini memiliki warna yang sedikit kecokelatan karena penambahan rempah dan bumbu. Biasanya disajikan dengan sayuran seperti labu siam, ayam suwir, dan telur.

Catatan: Rasa Nasi Liwet semakin ditingkatkan ketika disajikan menggunakan pincuk yang terbuat dari daun pisang.

2. Tengkleng

Tengkleng adalah hidangan tradisional yang terbuat dari daging kambing. Berbeda dengan hidangan kambing lainnya, Tengkleng menggunakan tulang yang masih dipenuhi daging. Sekilas mirip dengan gulai, namun kuahnya sedikit lebih encer.

Catatan: Beberapa penjual menambahkan isian berupa jeroan ke Tengkleng, membuat rasanya semakin lezat.

3. Wedang Uwuh

Wedang Uwuh adalah minuman tradisional dari Surakarta. “Uwuh” dalam bahasa Jawa berarti “sampah”, merujuk pada bahan-bahan yang digunakan yaitu berbagai jenis daun dan rempah-rempah yang menyerupai sampah.

Baca juga: Serabi Notosuman, Makanan Khas Surakarta dengan Sejuta Rasa

4. Selat Solo

Selat Solo mirip dengan steak. Terbuat dari daging semur dan disajikan dengan berbagai sayuran seperti buncis, wortel, dan selada.

5. Timlo

Timlo adalah hidangan lain yang harus dicoba ketika Anda mengunjungi Surakarta. Ini adalah jenis sup yang mengandung berbagai bahan seperti ayam, telur, dan sayuran.

Catatan: Kunjungan ke Surakarta tidak akan lengkap tanpa mencoba Timlo.

Berikut adalah tabel ringkasan hidangan:

NoHidanganJenisBahan Utama
1Nasi LiwetHidangan NasiBeras, Bawang Merah, Bawang Putih, Serai
2TengklengSupDaging Kambing
3Wedang UwuhMinumanBerbagai Daun dan Rempah-Rempah
4Selat SoloHidangan UtamaDaging Semur, Sayuran
5TimloSupAyam, Telur, Sayuran

Baca juga: Serabi Notosuman, Makanan Khas Surakarta dengan Sejuta Rasa

Jadi itulah! 5 makanan tradisional teratas dari Surakarta. Setiap hidangan menawarkan rasa unik yang mewakili budaya kaya Surakarta. Pastikan untuk mencoba semuanya saat Anda berkunjung

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Copyright©2023 Kuliner Asik