Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Sambal Padang Ijo


ZULFAZA LOVES COOKING Sambal hijau padang
ZULFAZA LOVES COOKING Sambal hijau padang from zulfadreamland.blogspot.com

Sambal Padang Ijo atau yang juga dikenal dengan sambal hijau adalah salah satu jenis sambal yang berasal dari kota Padang, Sumatera Barat. Sambal ini terkenal dengan citarasanya yang pedas, tetapi rasanya juga manis dan asam. Bumbu yang digunakan untuk membuat sambal ini menggunakan cabai rawit, bawang merah, bawang putih, terasi, garam, dan gula pasir. Rasanya yang gurih, sedap, pedas, dan asam membuat sambal ini menjadi salah satu sambal favorit di Indonesia.

Bahan-Bahan

  • 10 buah cabai rawit hijau, diiris
  • 2 siung bawang merah, cincang halus
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • 1 sendok teh terasi, dihaluskan
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 2 sendok makan minyak kelapa
  • 1 sendok teh garam

Instruksi Membuat Sambal Padang Ijo

Langkah 1

Panaskan minyak kelapa di wajan, lalu masukkan bawang merah dan bawang putih yang telah dihaluskan. Tumis hingga harum dan bumbu tersebut menjadi kecoklatan. Lalu tambahkan terasi dan aduk hingga rata.

Langkah 2

Masukkan cabai rawit yang telah diiris, aduk hingga tercampur rata dengan bumbu yang telah ditumis. Lalu tambahkan garam dan gula pasir, aduk hingga rata. Masak sambal hingga matang dan bumbu tercampur rata.

Langkah 3

Sambal Padang Ijo telah siap dihidangkan. Anda dapat menyajikan sambal ini dengan nasi putih, lalap, atau bisa juga disantap dengan kerupuk atau krupuk. Selamat menikmati!

Nutrisi

Satu porsi sambal Padang Ijo mengandung sekitar 194 kalori, 11,4 gram lemak, 4,6 gram protein, 6,7 gram karbohidrat, dan 1,5 gram serat. Sambal ini juga mengandung kadar natrium yang tinggi, yaitu sekitar 809 mg per porsi. Jadi pastikan untuk tidak mengonsumsi sambal ini secara berlebihan.

Kesimpulan

Sambal Padang Ijo adalah salah satu jenis sambal yang berasal dari kota Padang, Sumatera Barat. Sambal ini terkenal dengan citarasanya yang pedas, tetapi rasanya juga manis dan asam. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat sambal ini antara lain cabai rawit, bawang merah, bawang putih, terasi, garam, dan gula pasir. Satu porsi sambal Padang Ijo mengandung sekitar 194 kalori, 11,4 gram lemak, 4,6 gram protein, 6,7 gram karbohidrat, dan 1,5 gram serat. Jadi, pastikan untuk tidak mengonsumsi sambal ini secara berlebihan.


Posting Komentar untuk "Resep Sambal Padang Ijo"