Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Pisang Nugget Khas Surabaya


Resep Nugget pisang goreng oleh Aditya Rahmadani Cookpad
Resep Nugget pisang goreng oleh Aditya Rahmadani Cookpad from cookpad.com

Resep Pisang Nugget Khas Surabaya merupakan salah satu olahan khas Surabaya yang banyak digemari. Berbeda dengan pisang nugget pada umumnya, resep ini menggunakan bahan-bahan yang berbeda. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat pisang nugget ini juga tergolong cukup mudah untuk didapatkan. Selain itu, pisang nugget ini juga sangat mudah untuk dibuat. Oleh karena itu, resep ini banyak digunakan oleh para ibu rumah tangga di Surabaya dan sekitarnya. Berikut adalah resep pisang nugget khas Surabaya yang dapat Anda coba di rumah.

Bahan-bahan

  • 3 buah pisang uli
  • 1/2 cangkir tepung terigu
  • 1/2 cangkir tepung beras
  • 1/2 cangkir susu cair
  • 2 sdm gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 3 sdm margarin
  • Minyak untuk menggoreng

Langkah-langkah

Langkah 1: Mempersiapkan Bahan-bahan

Pertama, Anda harus mempersiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat pisang nugget khas Surabaya. Pastikan Anda menyiapkan semua bahan-bahan tersebut di atas. Kemudian, Anda juga harus menyiapkan wadah untuk mencampur semua bahan-bahan tersebut.

Langkah 2: Membuat Adonan

Kemudian, Anda dapat mulai membuat adonan pisang nugget. Pertama, Anda harus mencampur tepung terigu, tepung beras, susu cair, gula pasir, dan garam. Aduk semua bahan-bahan tersebut hingga menjadi satu. Setelah itu, Anda dapat menambahkan margarin ke dalam adonan tersebut. Aduk hingga semua bahan tercampur rata.

Langkah 3: Membuat Nugget Pisang

Kemudian, Anda dapat memulai proses membuat nugget pisang. Ambil satu buah pisang dan lumatkan dengan garpu dan lumuri dengan adonan yang telah Anda siapkan. Kemudian, panaskan minyak untuk menggoreng nugget pisang yang telah dilumuri adonan. Masukkan nugget pisang yang telah dilumuri adonan ke dalam minyak yang telah dipanaskan dan goreng hingga matang dan kecoklatan. Angkat dan tiriskan.

Langkah 4: Menyajikan

Setelah semua nugget pisang telah matang dan kecoklatan, Anda dapat menyajikannya. Pisang nugget khas Surabaya ini dapat disajikan dengan cara dicampur dengan saus sambal atau disajikan bersama es krim. Pisang nugget ini juga bisa disajikan dengan cara dicampur dengan nugget ayam atau nugget ikan. Anda juga bisa membuat nugget pisang ini sebagai cemilan untuk anak-anak.

Kandungan Gizi

Pisang Nugget Khas Surabaya memiliki kandungan nutrisi yang cukup baik. Pisang merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan gizi dan nutrisi seperti vitamin dan mineral. Selain itu, pisang juga mengandung kalori yang rendah sehingga aman dikonsumsi jika Anda sedang menjalani program diet. Pisang juga kaya akan serat dan memiliki kandungan antioksidan yang tinggi.

Selain itu, adonan yang digunakan untuk membuat nugget pisang ini juga kaya akan nutrisi. Tepung terigu mengandung protein dan karbohidrat. Tepung beras juga merupakan sumber karbohidrat dan mengandung serat yang baik. Susu cair juga kaya akan nutrisi seperti protein, kalsium, dan lemak. Minyak yang digunakan untuk menggoreng nugget pisang juga mengandung lemak dan kalori yang tinggi.

Kesimpulan

Resep Pisang Nugget Khas Surabaya ini merupakan salah satu resep khas Surabaya yang banyak disukai. Resep ini tergolong cukup mudah dan sederhana untuk dibuat. Selain itu, bahan-bahan yang digunakan untuk membuat pisang nugget ini juga mudah untuk didapatkan. Pisang nugget ini juga memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang baik. Oleh karena itu, resep ini cocok untuk Anda coba di rumah.


Posting Komentar untuk "Resep Pisang Nugget Khas Surabaya"