Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutug Oncom Spesial: Makanan Khas Sunda Yang Menggugah Selera


21+ Trend Kuliner Terpopuler Resep Nasi Goreng Khas Jawa Barat
21+ Trend Kuliner Terpopuler Resep Nasi Goreng Khas Jawa Barat from resepterpopuler.blogspot.com

Makanan khas Sunda yang diidentikkan dengan tutug oncom ini sebenarnya memiliki banyak nama. Di daerah lain, tutug oncom sering disebut sebagai tutut, tuyul, tuwul, tuwir atau bahkan tewul. Namun nama tutug oncom merupakan nama yang paling populer. Makanan khas Sunda ini dibuat dari jagung yang digiling hingga halus, kemudian dicampur dengan bumbu-bumbu khas Sunda seperti cabai rawit, bawang merah, jahe, dan daun jeruk.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan untuk Membuat Tutug Oncom Spesial

  • 500 gram jagung, kupas dan cuci bersih
  • 5 siung bawang merah, cincang halus
  • 3 siung bawang putih, cincang halus
  • 2 buah cabai rawit, cincang halus
  • 2 ruas jahe, parut halus
  • 2 lembar daun jeruk, iris halus
  • 2-3 sendok makan minyak goreng
  • Garam secukupnya

Langkah-langkah Membuat Tutug Oncom Spesial

Langkah 1: Haluskan Jagung

Haluskan jagung yang telah dicuci bersih dengan cara dihaluskan dengan alat pengisar atau ditumbuk dengan batu. Setelah jagung sudah halus, angkat dan sisihkan.

Langkah 2: Tumis Bumbu-bumbu

Panaskan minyak goreng dalam wajan. Tumis bawang merah, bawang putih, cabai rawit, jahe dan daun jeruk hingga harum. Jangan lupa untuk menambahkan sedikit garam untuk menambahkan rasa.

Langkah 3: Campur dan Aduk

Campur jagung yang telah dihaluskan dengan bumbu-bumbu yang telah ditumis. Aduk hingga rata dan pastikan bahwa jagung tidak terlalu lama direbus agar tidak menjadi berlemak.

Langkah 4: Masak Hingga Matang

Masak tutug oncom hingga jagung benar-benar matang. Pada saat proses memasak, tutup wajan dengan tutup agar bumbu bisa merata dan matang dengan sempurna.

Nutrisi dalam Tutug Oncom Spesial

Tutug oncom memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi. Jagung merupakan sumber karbohidrat yang baik, bawang merah mengandung sejumlah vitamin dan mineral, cabai rawit mengandung vitamin C dan antioksidan, serta jahe yang kaya akan senyawa antiinflamasi. Selain itu, tutug oncom juga kaya akan protein, vitamin, dan mineral.

Kesimpulan

Tutug oncom merupakan makanan khas Sunda yang terbuat dari jagung dan dicampur dengan bumbu-bumbu khas Sunda. Resep tutug oncom spesial ini mudah dibuat dan memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi. Dengan membuatnya sendiri, Anda dapat menikmati makanan khas Sunda ini dengan rasa yang lebih lezat dan segar.


Posting Komentar untuk "Tutug Oncom Spesial: Makanan Khas Sunda Yang Menggugah Selera"