Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Masakan Sambal Goreng Ati Ampela


Resep Sambal Goreng Kentang Ati Ampela Khas Lebaran Cara Membuat
Resep Sambal Goreng Kentang Ati Ampela Khas Lebaran Cara Membuat from caramembuat123.blogspot.com

Bahan-Bahan:

Untuk membuat resep masakan sambal goreng ati ampela ini, Anda memerlukan bahan-bahan berikut:
• 2 buah ati ampela, potong-potong
• 2 buah cabai merah, iris-iris
• 2 buah bawang merah, cincang halus
• 2 buah tomat, potong-potong
• 2 sdm bumbu sambal
• 2 sdm minyak goreng
• Garam dan gula secukupnya

Langkah-Langkah Memasak

1. Panaskan minyak goreng dalam wajan. Tambahkan bawang merah yang sudah di cincang halus ke dalam wajan. Tumis bawang merah hingga harum.
2. Tambahkan potongan ati ampela dan cabai merah yang telah di iris ke dalam wajan. Tumis hingga bumbu meresap ke dalam ati ampela dan cabai.
3. Tambahkan tomat yang sudah di potong-potong ke dalam wajan. Aduk hingga tomat layu.
4. Masukkan bumbu sambal ke dalam wajan. Aduk hingga semua bahan tercampur rata.
5. Tambahkan garam dan gula secukupnya. Aduk hingga merata.
6. Masak hingga sambal goreng ati ampela matang. Angkat dan sajikan.

Manfaat Kesehatan

Ati ampela adalah makanan yang kaya akan nutrisi dan mineral. Makanan ini mengandung protein, lemak, karbohidrat, vitamin B, vitamin E, besi, kalsium, dan fosfor. Ini juga mengandung asam lemak yang berguna untuk menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung. Makanan ini juga kaya akan serat dan dapat membantu mengurangi risiko kanker. Ini juga mengandung zat besi yang berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga bermanfaat untuk mencegah anemia.

Kandungan Gizi

Sebuah porsi sambal goreng ati ampela mengandung kalori sebanyak 144 kalori, protein 5,9 gram, lemak 5,8 gram, karbohidrat 17,6 gram, serat 2,2 gram, vitamin B1 0,2 mg, vitamin E 0,8 mg, besi 1,4 mg, kalsium 27 mg, dan fosfor 63 mg.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan membuat sambal goreng ati ampela adalah bahwa makanan ini mudah dibuat dan tidak membutuhkan banyak bahan. Ini juga kaya akan nutrisi dan mineral. Selain itu, makanan ini juga mengandung sedikit lemak dan kalori. Namun, makanan ini juga mengandung banyak garam dan gula yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes. Oleh karena itu, Anda harus memastikan untuk tidak menambahkan terlalu banyak garam dan gula saat membuat sambal goreng ati ampela.

Tips Memasak

Untuk mendapatkan rasa yang lebih enak, Anda dapat menambahkan potongan bawang putih atau cabai rawit ke dalam sambal goreng ati ampela. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan bumbu sambal yang lebih sedikit dan mengganti minyak goreng dengan minyak zaitun untuk mengurangi jumlah lemak dan kalori. Anda juga dapat menambahkan potongan jeruk nipis untuk memberi rasa asam dan gurih pada makanan.

Penutup

Sambal goreng ati ampela adalah makanan yang mudah dibuat dan kaya akan nutrisi. Makanan ini dapat menjadi makanan yang lezat dan sehat untuk dimakan setiap hari. Ini juga merupakan makanan yang baik untuk orang yang sedang menjalani diet. Anda harus memastikan untuk tidak menambahkan terlalu banyak garam dan gula saat membuat sambal goreng ati ampela. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan potongan bawang putih atau cabai rawit untuk mendapatkan rasa yang lebih enak. Selamat mencoba.


Posting Komentar untuk "Resep Masakan Sambal Goreng Ati Ampela"