Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Pepes Ikan Yang Enak, Irit, Dan Sehat


Heritage Cuisine of Indonesia Pepes Ikan Mas
Heritage Cuisine of Indonesia Pepes Ikan Mas from heritagecuisineofindonesia.blogspot.com

Pepes ikan adalah salah satu jenis masakan yang menggunakan bumbu rempah-rempah, yang dibungkus dengan daun pisang. Pepes ikan memiliki cita rasa yang khas dan sangat lezat. Selain itu, masakan ini juga rendah lemak dan kaya akan nutrisi penting. Oleh karena itu, banyak orang yang memilih masakan resep pepes ikan saat sedang ingin menyantap masakan yang lezat dan sehat. Berikut adalah resep pepes ikan yang enak, irit, dan sehat yang bisa Anda coba di rumah.

Bahan-bahan:

  • 500 gr ikan segar, siangi, lalu potong-potong
  • 3 siung bawang putih, haluskan
  • 2 cm lengkuas, haluskan
  • 2 sdm air asam jawa
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt merica bubuk
  • 2 buah tomat, buang bijinya lalu potong-potong
  • 3 buah cabe rawit, iris-iris
  • 10 lembar daun pisang

Cara Membuat:

  1. Campur ikan yang telah dipotong-potong dengan bawang putih, lengkuas, air asam jawa, garam, dan merica bubuk. Aduk rata hingga semua bumbu meresap ke dalam ikan.
  2. Tambahkan tomat dan cabe rawit ke dalam adonan ikan lalu aduk rata.
  3. Ambil selembar daun pisang lalu letakkan di atas piring. Letakkan adonan ikan di atas daun pisang, lalu lipat daun pisang dengan rapi hingga menutupi adonan ikan.
  4. Gulung daun pisang hingga berbentuk seperti balon kecil. Lakukan hal yang sama untuk semua adonan ikan.
  5. Panaskan minyak di wajan. Apabila sudah panas, masukkan pepes ikan satu per satu ke dalam minyak. Goreng hingga matang sempurna.
  6. Kemudian, angkat pepes ikan dan letakkan di atas tisu roti. Diamkan selama beberapa menit hingga tisu roti menyerap minyak berlebih.
  7. Sajikan pepes ikan dengan lalapan dan sambal bajak. Selamat mencoba!

Nutrisi

Satu porsi pepes ikan mengandung sekitar 207 kalori, 13,5 gram lemak, 18,5 gram protein, 4,2 gram karbohidrat, 2,5 gram serat, dan 554 IU Vitamin A. Pepes ikan juga mengandung beberapa nutrisi penting lainnya, seperti Vitamin C, kalsium, zat besi, dan magnesium. Karena kandungan nutrisi yang tinggi, maka resep pepes ikan sangat cocok untuk Anda yang sedang menjalankan pola makan sehat.

Itulah resep pepes ikan yang enak, irit, dan sehat. Selain mudah dan cepat untuk dibuat, masakan ini juga merupakan masakan yang sangat sehat dan lezat. Jadi, jangan lupa untuk mencoba resep pepes ikan di rumah! Selamat mencoba.


Posting Komentar untuk "Resep Pepes Ikan Yang Enak, Irit, Dan Sehat"