Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Bikin Es Kue, Bikin Sendiri Mudah Dan Nikmat!


Resep Es Gabus Pelangi / Es Wadai / Es Roti / Es Kue oleh fridajoincoffee Cookpad
Resep Es Gabus Pelangi / Es Wadai / Es Roti / Es Kue oleh fridajoincoffee Cookpad from cookpad.com
Es kue adalah salah satu makanan khas Indonesia yang disukai oleh berbagai kalangan. Rasanya yang manis dan segar, membuat es kue menjadi makanan yang selalu dicari orang. Cara membuatnya pun cukup mudah, sehingga banyak orang membuatnya di rumah. Berikut adalah resep membuat es kue yang mudah, cepat, dan pastinya nikmat.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Untuk membuat es kue, Anda perlu menyiapkan beberapa bahan berikut ini:
  • 200 gram gula pasir
  • 500 ml air
  • 500 ml santan kental
  • 2 sdm tepung maizena
  • 1/2 sdt garam
  • 3 lembar daun pandan, ikat
  • 1/2 sdt perasan jeruk nipis
  • 200 gram tepung beras
  • 1/2 sdt vanili
  • 100 ml air
  • 150 gram biji melinjo, sangrai

Cara Membuat Es Kue

Pertama, campur gula pasir dan air dalam panci. Didihkan dan aduk sampai gula larut. Masukkan santan, tepung maizena dan garam. Aduk terus sampai tercampur rata. Setelah itu, masukkan daun pandan, perasan jeruk nipis, dan vanili. Aduk lagi hingga rata. Kemudian, dalam wadah yang lain, campur tepung beras dan air. Aduk hingga rata. Tuang adonan tepung beras ke dalam panci dan aduk hingga rata. Masukkan biji melinjo yang sudah disangrai ke dalam panci dan aduk hingga rata. Setelah itu, tuang adonan es kue ke dalam cetakan es kue. Tekstur adonan harus padat dan kental. Jika sudah, masukkan cetakan es kue ke dalam freezer. Tunggu hingga es kue beku.

Nutrisi Es Kue

Es kue memiliki kandungan nutrisi yang bervariasi tergantung bahan-bahannya. Namun secara umum, es kue mengandung vitamin C, vitamin A, kalsium, zat besi, dan lemak. Lemak yang terkandung dalam es kue bisa berasal dari santan kental, tepung beras, dan biji melinjo. Es kue juga mengandung karbohidrat, yang bisa berasal dari gula pasir, tepung beras, dan tepung maizena. Karbohidrat ini dapat meningkatkan energi dan membantu tubuh kita agar tetap bugar.

Variasi Es Kue

Es kue juga bisa dimodifikasi dengan berbagai bahan tambahan. Anda bisa menambahkan biji kacang hijau, biji melinjo, dan biji kedelai. Anda juga bisa menambahkan buah-buahan seperti jambu biji, nanas, dan melon. Selain itu, es kue juga bisa diolah menjadi berbagai makanan seperti es krim, es doger, es kacang hijau, es krim campur, es teler, dan lain sebagainya. Dengan berbagai variasi ini, Anda bisa menikmati es kue dengan lebih bervariasi.

Kesimpulan

Es kue adalah salah satu makanan khas Indonesia yang disukai oleh berbagai kalangan. Es kue mengandung beragam nutrisi yang baik untuk tubuh, seperti vitamin, kalsium, zat besi, dan lemak. Cara membuat es kue pun cukup mudah dan praktis, sehingga banyak orang membuatnya di rumah. Dengan berbagai variasi es kue yang bisa dicoba, Anda bisa menikmati es kue dengan lebih bervariasi.

Posting Komentar untuk "Resep Bikin Es Kue, Bikin Sendiri Mudah Dan Nikmat!"