Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Nasi Kuning Untuk Tumpeng


Nasi Kuning Tumpeng Ulang Tahun Makanan Khas Indonesia
Nasi Kuning Tumpeng Ulang Tahun Makanan Khas Indonesia from makananenak2.blogspot.com

Nasi kuning atau yellow rice adalah makanan khas dari Indonesia yang banyak disukai oleh para pecinta masakan Indonesia. Makanan ini dibuat dari beras yang telah dimasak dengan bumbu-bumbu tertentu sehingga beraroma harum dan berserat lembut. Biasanya nasi kuning dikonsumsi untuk makan pagi, karena dapat menjaga kesehatan tubuh dan menghindarkan dari berbagai macam penyakit.

Nasi kuning juga bisa dimasak menjadi makanan yang istimewa dan penuh arti. Salah satu makanan istimewa yang bisa dibuat dengan nasi kuning adalah Tumpeng. Tumpeng adalah makanan khas Indonesia yang biasa disajikan untuk acara-acara khusus seperti hari ulang tahun, kelahiran, peresmian, dan sebagainya. Berikut adalah resep nasi kuning untuk tumpeng yang bisa Anda coba.

Bahan-Bahan

  • 500 gr beras
  • 2 sdm minyak kelapa
  • 1 sdt garam
  • 2 sdm santan kental
  • 2 buah daun salam
  • 2 ruas lengkuas
  • 2 batang serai
  • 1 ruas jahe
  • 2 butir kemiri
  • 1 buah bawang merah
  • 2 buah bawang putih
  • 1/2 sdt kunyit

Cara Membuat

  1. Cuci beras hingga bersih. Tiriskan dan sisihkan.
  2. Haluskan bawang merah, bawang putih, jahe, kemiri, dan kunyit. Sisihkan.
  3. Panaskan minyak kelapa dan tumis bumbu yang telah dihaluskan tadi hingga harum.
  4. Masukkan beras ke dalam tumisan bumbu. Aduk hingga beras tercampur rata dengan bumbu.
  5. Tambahkan garam, daun salam, serai, lengkuas, dan santan kental. Aduk hingga rata.
  6. Tuangkan beras dan bumbu kedalam wadah yang telah disiapkan. Tuangkan air yang cukup banyak sehingga beras bisa terendam.
  7. Masak nasi dengan api kecil hingga air habis dan beras masak.
  8. Setelah matang, angkat dan biarkan beras agar meresap bumbunya.
  9. Nasi kuning untuk tumpeng siap disajikan.

Kandungan Gizi

Nasi kuning untuk tumpeng ini mengandung kalori sebanyak 462 kalori per porsi. Kandungan gizi lainnya antara lain protein sebanyak 8 gram, karbohidrat sebanyak 95 gram, lemak sebanyak 10 gram, serat sebanyak 4 gram, kalsium sebanyak 2 gram, zat besi sebanyak 2 gram, dan fosfor sebanyak 4 gram. Nasi kuning ini juga mengandung beberapa vitamin seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, dan vitamin E.

Kandungan gizi nasi kuning ini memang tidak selengkap kandungan gizi yang terdapat pada makanan lainnya. Namun, nasi kuning ini juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh, karena mengandung banyak karbohidrat yang bisa meningkatkan energi dan menjaga keseimbangan gula darah. Selain itu, nasi kuning juga bisa mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Itulah resep dan kandungan gizi nasi kuning untuk tumpeng. Selain bermanfaat bagi kesehatan, nasi kuning ini juga bisa menjadi menu istimewa untuk acara-acara khusus. Jadi, jangan lupa untuk mencoba resep nasi kuning untuk tumpeng di rumah.


Posting Komentar untuk "Resep Nasi Kuning Untuk Tumpeng"