Skip to main content

Resep Es Dawet Enak Lezat Yang Bikin Ketagihan


Cara Membuat Es Dawet Dan Resep Rahasia Dawet Enak
Cara Membuat Es Dawet Dan Resep Rahasia Dawet Enak from www.rumahmesin.com
Es dawet merupakan minuman khas Indonesia yang terbuat dari santan dan gula merah yang disajikan dengan es batu dan ditambahkan berbagai jenis toping lainnya. Es dawet memiliki rasa manis dan asam yang khas, tidak heran jika banyak orang yang ketagihan. Kali ini kita akan membuat resep es dawet enak dan lezat yang pastinya bikin ketagihan.

Bahan-bahan

Untuk membuat es dawet, kita membutuhkan beberapa bahan yaitu:
  • 1 liter santan kental
  • 200 gram gula merah
  • 1/2 liter air
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh vanili bubuk
  • 2 sendok teh tepung tapioka
  • Es batu

Cara Membuat Es Dawet

Langkah Pertama: Membuat Sirup Gula Merah

Langkah pertama dalam membuat es dawet adalah membuat sirup gula merah. Campur gula merah dan air, lalu masak di atas api kecil hingga gula larut dan sirup mengental. Aduk terus hingga agak kental dan matang. Setelah itu, angkat dan dinginkan.

Langkah Kedua: Membuat Adonan

Kemudian, kita akan membuat adonan untuk es dawetnya. Masukkan santan kental, garam, vanili bubuk, dan tepung tapioka ke dalam wadah. Aduk semuanya hingga rata.

Langkah Ketiga: Mengaduk

Setelah itu, tuang sirup gula merah yang sudah dibuat tadi ke dalam adonan. Aduk semuanya hingga rata.

Langkah Keempat: Memasak

Terakhir, masak adonan tersebut dengan api sedang hingga mengental dan menjadi kental. Aduk terus sampai adonan tersebut menjadi lebih kental. Setelah itu, angkat dan dinginkan.

Langkah Kelima: Menyajikan

Es dawet siap disajikan. Tuangkan adonan es dawet ke dalam gelas. Tambahkan es batu sesuai selera. Es dawet pun siap untuk disantap.

Kandungan Gizi Es Dawet

Es dawet memiliki kandungan gizi yang bervariasi tergantung jenis toping yang digunakan. Namun secara umum, es dawet mengandung kalori sebesar 563 kalori, lemak 18 gram, protein 8 gram, karbohidrat 103 gram, dan kolesterol 0 mg. Es dawet juga mengandung beberapa jenis vitamin dan mineral seperti kalsium, fosfor, zat besi, thiamin, riboflavin, niasin, vitamin B6, vitamin A, vitamin C, dan vitamin E.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Copyright©2023 Kuliner Asik