Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Ketoprak Jakarta


Cara Membuat Resep Ketoprak Jakarta Yang Enak dan Special ala Abang Kaki Lima
Cara Membuat Resep Ketoprak Jakarta Yang Enak dan Special ala Abang Kaki Lima from doyanresep.com

Apa itu Ketoprak?

Ketoprak adalah salah satu makanan khas Indonesia yang berasal dari daerah Jakarta. Makanan ini terdiri dari beberapa komponen, antara lain tahu, bihun, lontong, dan kacang. Aroma dan rasa yang gurih dari ketoprak ini membuat makanan ini sangat disukai oleh orang-orang.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Untuk membuat ketoprak Jakarta, Anda memerlukan beberapa bahan-bahan berikut:
  • Tahu, 2 buah
  • Bihun, 1/2 cup
  • Lontong, 1/2 cup
  • Kacang tanah, 1/4 cup
  • Kecap manis, 2 sdm
  • Cabai rawit, 2 buah (opsional)
  • Garam, secukupnya
  • Gula pasir, secukupnya
  • Minyak goreng, secukupnya

Langkah-langkah Membuat Ketoprak

1. Rebus lontong dan bihun

Rebus lontong dan bihun dalam satu wajan hingga matang. Angkat dan tiriskan.

2. Goreng tahu dan kacang

Goreng tahu dan kacang tanah dalam wajan yang berbeda dengan minyak goreng sampai layu dan kuning keemasan. Angkat dan tiriskan.

3. Campur semua bahan

Campur lontong, bihun, tahu, dan kacang yang sudah digoreng tadi dalam satu wadah. Masukkan kecap manis, garam, gula, dan cabai rawit (opsional). Aduk hingga rata.

4. Panaskan minyak dan masukkan bahan

Panaskan minyak goreng dalam wajan dan masukkan bahan yang sudah dicampur tadi. Aduk terus hingga matang.

5. Sajikan

Ketoprak Jakarta siap untuk disajikan. Anda bisa menyajikannya dengan lalapan dan sambal.

Kandungan Nutrisi

Ketoprak Jakarta memiliki berbagai macam nutrisi, antara lain karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin, dan mineral. Karbohidrat yang terkandung dalam ketoprak adalah bihun, lontong, dan kacang yang memiliki kandungan karbohidrat sebesar 41 gram per porsi. Sementara protein yang terkandung dalam ketoprak adalah tahu dan kacang dengan kandungan protein sebesar 10 gram per porsi. Lemak yang terdapat dalam ketoprak adalah minyak goreng yang menyumbang sekitar 7 gram lemak per porsi. Selain itu, ketoprak juga mengandung serat yang cukup tinggi. Serat yang terkandung dalam ketoprak adalah lontong dan kacang yang menyumbang sekitar 6 gram serat per porsi. Ketoprak juga mengandung berbagai macam vitamin, antara lain vit A, vit B6, vit C, dan vit E. Vitamin A yang terdapat dalam ketoprak berasal dari tahu, sedangkan vitamin B6 berasal dari bihun. Selain itu, kandungan vitamin C dalam ketoprak berasal dari cabai rawit (opsional), dan vitamin E berasal dari kacang. Kandungan mineral yang terdapat dalam ketoprak antara lain kalium, fosfor, zat besi, dan zat tembaga. Kalium yang terkandung dalam ketoprak berasal dari lontong dan bihun, sedangkan fosfor berasal dari kacang dan tahu. Selain itu, zat besi dan tembaga berasal dari kacang.

Kesimpulan

Ketoprak Jakarta adalah salah satu makanan khas Indonesia yang berasal dari daerah Jakarta. Makanan ini terdiri dari beberapa bahan, seperti tahu, bihun, lontong, dan kacang. Selain itu, makanan ini juga mengandung berbagai nutrisi penting seperti karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin, dan mineral. Dengan kandungan nutrisi yang lengkap, ketoprak Jakarta menjadi salah satu makanan yang menyegarkan dan disukai banyak orang.

Posting Komentar untuk "Resep Ketoprak Jakarta"