Skip to main content

Resep Srikaya Bakar, Rasanya Menggugah Selera


Resep Roti Bakar oleh Lily bunda Tama Cookpad
Resep Roti Bakar oleh Lily bunda Tama Cookpad from cookpad.com

Ketika berbicara tentang resep kue tradisional di Indonesia, pasti tidak jauh-jauh dari kue yang satu ini. Resep Srikaya Bakar memang sudah populer sejak lama, karena rasanya yang enak dan menggugah selera. Apalagi ditambah dengan berbagai topping seperti coklat, keju, ataupun kacang. Srikaya Bakar ini juga cocok disajikan saat acara arisan di rumah, ulang tahun, hingga acara-acara lainnya.

Walaupun terlihat sedikit susah, kamu nggak perlu khawatir. Yuk ikuti resep Srikaya Bakar yang akan kami bagikan ini. Dengan begitu, kamu bisa menikmati Srikaya Bakar yang lezat di rumahmu sendiri!

Bahan-bahan yang Diperlukan

  • 500 gram ketan putih
  • 500 ml santan kental
  • 200 gram gula merah
  • 2 buah jeruk nipis
  • 50 gram margarin (cairkan)
  • 125 gram srikaya
  • 1/2 sendok teh garam
  • Topping sesuai selera (coklat, keju, kacang)

Cara Membuat Resep Srikaya Bakar

Pertama

Siapkan bahan-bahan yang diperlukan. Lalu, cuci ketan putih hingga bersih. Tuangkan ketan putih yang sudah dicuci ke dalam panci, lalu tambahkan air secukupnya. Setelah itu, masak ketan putih hingga matang. Setelah matang, angkat dan tiriskan.

Kedua

Siapkan wajan, lalu masukkan santan kental dan gula merah. Aduk hingga merata. Lalu tambahkan air jeruk nipis dan garam, aduk lagi hingga merata.
Setelah itu, masukkan ketan putih yang sudah matang. Aduk hingga rata. Masak hingga santan mengental. Setelah itu, tambahkan margarin, aduk lagi hingga merata.

Ketiga

Setelah itu, tuang srikaya kedalam wajan. Aduk hingga rata. Masak kembali hingga srikaya meleleh dan menyatu dengan santan. Jika sudah selesai, angkat dan sisihkan.

Keempat

Siapkan loyang datar berukuran 12x12 cm. Oles permukaan loyang dengan margarin atau mentega. Lalu, tuang adonan ketan yang sudah ada srikaya ke dalam loyang. Ratakan permukaan dengan sendok. Lalu, beri topping sesuai selera, seperti coklat, keju, atau kacang.

Kelima

Setelah itu, panggang Srikaya Bakar di atas oven dengan suhu 150-200 derajat celcius. Panggang hingga permukaan Srikaya Bakar berwarna keemasan. Angkat, dan Srikaya Bakar siap untuk disajikan.

Nutrisi Resep Srikaya Bakar

Satu porsi resep Srikaya Bakar ini mengandung kalori sebanyak 909 kalori. Juga mengandung karbohidrat sebanyak 107 gram, protein sebanyak 14,3 gram, lemak sebanyak 35 gram, kolesterol sebanyak 5,6 gram, dan juga kalsium sebanyak 125 milligram. Resep ini juga mengandung vitamin A sebanyak 6,3 IU, Vitamin C sebanyak 10 milligram, dan juga Vitamin E sebanyak 1,1 milligram. Selain itu, resep ini juga mengandung serat sebanyak 2,4 gram.

Srikaya Bakar yang berasal dari resep ini juga memiliki manfaat kesehatan. Terutama dari kandungan kalsium yang terkandung di dalamnya. Kandungan ini dapat membantu mencegah osteoporosis dan juga meningkatkan kekuatan tulang. Selain itu, kandungan serat dalam resep ini juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Jadi, walaupun mengandung kalori yang tinggi, Srikaya Bakar ini juga punya manfaat kesehatan, lho.

Resep Srikaya Bakar, Nikmati di Rumahmu Sendiri!

Gimana, cukup mudahkan membuat resep Srikaya Bakar ini? Yuk, coba resep ini di rumahmu sendiri, dan nikmati Srikaya Bakar yang lezat dan menggugah selera. Apalagi dengan berbagai topping yang disesuaikan dengan selera. Selamat mencoba!


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Copyright©2023 Kuliner Asik