Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Balado Jengkol, Makanan Khas Paling Nikmat


Resep Kue Lapis Cocoa Puff. Kue Jadul Yang Legendaris 👍 Resep Spesial
Resep Kue Lapis Cocoa Puff. Kue Jadul Yang Legendaris 👍 Resep Spesial from www.resepspesial.id

Balado Jengkol adalah salah satu makanan khas dari Indonesia yang terkenal dengan rasanya yang nikmat. Makanan ini berasal dari daerah Sumatera Barat dan banyak disukai oleh masyarakat di seluruh Indonesia. Jengkol mengandung kandungan nutrisi yang baik dan juga memiliki rasa yang enak. Selain itu, makanan ini juga sangat mudah untuk dibuat. Anda bisa mencoba membuat resep Balado Jengkol yang akan kami berikan ini dan pasti akan memuaskan para tamu Anda. Mari kita lihat lebih dekat tentang resep Balado Jengkol ini.

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan untuk Membuat Balado Jengkol

Untuk membuat Balado Jengkol, Anda memerlukan bahan-bahan berikut: 500 gram jengkol, 2 buah jagung, 2 buah bawang merah, 2 buah bawang putih, 5 buah cabai merah, 3 buah cabai rawit, 5 siung bawang prei, 5 buah tomat, 2 ruas jahe, 1 ruas kunyit, secukupnya garam dan gula, 2 sdm minyak kelapa dan 2 lembar daun salam.

Cara Membuat Balado Jengkol

Setelah Anda memiliki semua bahan-bahan yang dibutuhkan, Anda bisa melangkah ke tahap selanjutnya yaitu proses membuat Balado Jengkol. Berikut langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk membuat Balado Jengkol:

1. Anda bisa mulai dengan mencuci jengkol dengan bersih. Kemudian, potong jengkol menjadi 4 bagian dan rebus dengan air mendidih hingga jengkol menjadi empuk. Setelah itu, tiriskan dan sisihkan.

2. Kemudian, tumis bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, bawang prei dan jahe hingga harum. Jika sudah harum, tambahkan jagung, kunyit dan tomat. Aduk-aduk hingga semua bahan tercampur rata. Masukkan jengkol yang sudah direbus tadi dan aduk kembali hingga rata.

3. Tambahkan garam dan gula secukupnya dan aduk hingga rata. Kemudian, tuangkan minyak kelapa dan aduk kembali. Tambahkan daun salam dan masak hingga matang. Jika sudah matang, angkat dan sajikan.

Kandungan Gizi Balado Jengkol

Balado Jengkol memiliki kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Ini karena Balado Jengkol mengandung banyak bahan-bahan seperti protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral. Protein yang terkandung dalam Balado Jengkol berguna untuk membangun sel dan jaringan tubuh. Selain itu, kandungan karbohidrat dalam Balado Jengkol bisa menjadi sumber energi bagi tubuh. Balado Jengkol juga mengandung vitamin dan mineral yang berguna untuk menjaga kesehatan tubuh.

Manfaat Balado Jengkol

Balado Jengkol memiliki banyak manfaat bagi tubuh, di antaranya:

1. Meningkatkan sistem imunitas. Balado Jengkol mengandung banyak vitamin yang dapat membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh dan membantu mencegah berbagai penyakit.

2. Mengurangi risiko penyakit jantung. Makanan ini juga mengandung banyak lemak sehat yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

3. Meningkatkan kesehatan tulang. Kandungan kalsium dan vitamin D dalam Balado Jengkol dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang.

4. Mengurangi risiko diabetes. Kandungan karbohidrat yang terkandung dalam Balado Jengkol dapat membantu mengontrol kadar gula darah dan membantu mengurangi risiko diabetes.

Demikianlah resep Balado Jengkol yang kami berikan. Selamat mencoba!

Dengan resep Balado Jengkol yang kami berikan, Anda bisa mencoba membuat makanan ini di rumah. Makanan ini sangat mudah dibuat dan memiliki rasa yang enak. Selain itu, Balado Jengkol juga memiliki kandungan gizi yang baik dan bermanfaat bagi tubuh. Jadi, jangan lupa untuk mencoba membuat Balado Jengkol di rumah dan pasti akan memuaskan para tamu Anda. Selamat mencoba!


Posting Komentar untuk "Resep Balado Jengkol, Makanan Khas Paling Nikmat"