Skip to main content

Manfaat Pare Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Kuliner Asik, Mungkin banyak yang belum tahu bahwa pare memiliki khasiat yang bagus untuk tubuh kita. Buah pare yang memiliki rasa pahit ini ternyata sangat mudah tumbuh dan tidak memerlukan banyak sinar matahari, sehingga dapat tumbuh subur ditempat yang teduh dan terlindung dari sinar matahari. 

Manfaat Pare Untuk Kesehatan

Pare sendiri bukan tanaman asli Indonesia, melainkan berasal dari luar negeri yang beriklim panas. Para ahli tanaman memastikan pusat utama tanaman pare terdapat di Asia tropis terutama daerah India bagian barat, yakni Assam dan Burma. Wikipedia

Manfaat Pare Untuk Kesehatan

Berikut ini adalah beberapa manfaat pare untuk kesehatan dan kecantikan yang bisa Anda coba: 

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh 

Pasalnya pare mengandung senyawa antioksidan yang berlimpah, salah satunya vitamin C. Antioksidan membentuk pertahanan terhadap benda asing yang akan merusak tubuh, seperti radikal bebas yang bisa menyebabkan sejumlah penyakit. 

Anda bisa memperoleh sekitar 58 miligram vitamin C dalam 100 gram dari buah pare. Jumlah ini cukup untuk memenuhi setengah kebutuhan vitamin C harian orang dewasa, yakni 90 miligram untuk pria dan 75 gram untuk wanita. 

2. Mengendalikan Gula Darah 

Buah pare memiliki kandungan magnesium yang berfungsi memaksimalkan kerja hormon insulin. Kondisi diabetes tipe 2 sering dikaitkan dengan kekurangan magnesium dalam tubuh. Magnesium yang Anda peroleh dari pare, dapat memaksimalkan insulin yang bertugas mengatur kadar gula darah. 

Alhasil, pare bisa Anda jadikan pilihan makanan untuk membantu menurunkan gula darah. Selain itu, pare juga mampu mencegah penumpukkan glukosa dalam darah dan memindahkannya ke hati, otot, dan jaringan lemak. Namun, Anda perlu berkonsultasi lebih dulu dengan dokter untuk mendapatkan manfaat pare lebih baik. 

3. Menjaga Kesehatan Mata 

Karena terdapat kandungan senyawa flavonoid, seperti α-karoten, β-karoten, lutein, dan zeaxanthin yang bisa membantu meningkatkan kesehatan mata Anda. Kandungan lain pada pare juga dapat mencegah katarak dan glaukoma yang disebabkan oleh komplikasi diabetes. 

Karena adanya kandungan nutrisi tersebut, pare dapat meningkatkan fungsi penglihatan terutama bagi Anda yang mengalami gangguan rabun senja, serta memperlambat degenerasi makula. 

4. Meredakan Asma 

Kandungan pare mampu mencegah penyakit pernapasan umum, seperti batuk, flu, atau pilek. Pare juga sering dibuat untuk jus dan digunakan untuk mengobati kondisi pernapasan tertentu, seperti batuk kering, bronkitis, dan asma selama ratusan tahun. 

Pare memiliki sifat antihistamin, anti-inflamasi, dan antivirus yang membuat pare menjadi makanan tambahan yang ideal dalam menjaga kesehatan pernapasan. 

Manfaat Pare Untuk Kecantikan

Sedangkan beberapa manfaat pare untuk kecantikan adalah sebagai berikut:

1. Mengatasi Jerawat

Karena pare memiliki sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi, sehingga dapat membantu dalam mengatasi jerawat, terutama pada tipe kulit acne-prone. Pare tersebut dapat diolah sebagi sayur, jus, pare juga dapat dijadikan sebagai masker wajah. 

2. Memudarkan Flek Hitam 

Selain membantu mengatasi jerawat, pare juga dapat membantu menyamarkan bekas jerawat secara bertahap. Dan bahkan flek-flek hitam akibat gejala penuaan juga dapat diatasi dengan mengkonsumsi buah pare tersebut. 

Anda bisa manfaatkan buah pare dengan cara menyantapnya sebagai sayuran dan jus, atau mengoleskannya ke wajah sebagai masker.

3. Menangkal Radikal Bebas 

Rasa buah pare yang pahit ternyata efektif dalam membantu memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin C, bahkan hingga 54 persen. 

Kandungan vitamin C yang tinggi itu sangat ampuh dalam menangkal radikal bebas, sehingga resiko kanker kulit pun dapat diminimalisir.

4. Menghindarkan Kulit dari Kusam

Pare juga mampu dalam membersihkan darah, karena memiliki kandungan yang dapat membantu memperlancar glukosa untuk disebar ke organ dan sel-sel tubuh. 

Sehingga kulit pun terhindar dari kekusaman, sebab laju glukosa dalam darah yang lancar sehingga tak menyebabkan munculnya 'darah kotor'.

5. Meningkatkan Produktivitas Kolagen 

Kandungan vitamin C sangat bagus untuk kesehatan kulit, salah satunya membantu meningkatkan produksi kolagen. 

Dan kolagen ini berperan dalam menjaga keremajaan sel-sel kulit, sehingga dapat mencegah penuaan dini.

Artikel terkait: 7 Manfaat Sereh untuk Kesehatan

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa manfaat pare untuk kesehatan dan kecantikan. Namun, meski memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, buah pare tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh wanita hamil. Sebaiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu ke dokter. Salam Sehat!.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Copyright©2022 Kuliner Asik