Skip to main content

7 Cara Mengatasi Insomnia Paling Ampuh

Kuliner Asik, Salah satu tanda dari insomnia adalah sulit tidur atau tidak tidak nyenyak. Walaupun bukan sebuah kondisi yang berbahaya tetapi insomnia harus segera diatasi. Maka ketahuilah bagaimana cara mengatasi insomnia dengan tepat, supaya bisa tidur dengan lebih nyenyak.

Cara Mengatasi Insomnia

Faktor penyebab insomnia juga beragam, faktanya insomnia bukan hanya terjadi pada remaja maupun orang tua saja. Namun, bisa terjadi pada siapapun selama mengalami tanda-tanda ini. Beberapa penyebab insomnia diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Tidur siang terlalu lama
  • Usia yang bertambah tua
  • Fisik tidak aktif di siang hari
  • Sibuk main gadget menjelang tidur
  • Karena konsumsi alkohol 
  • Minuman yang mengandung kafein seperti kopi
  • Bisa karena depresi atau stres
  • Gangguan kecemasan, dan sebagainya atau adanya kondisi medis tertentu.

Langkah dan Cara Mengatasi Insomnia dengan Tepat

Untuk mengatasinya, ada beberapa cara sederhana yang bisa Anda lakukan supaya tidur menjadi lebih nyenyak dan waktu istirahat cukup seperti berikut ini:

1. Meluangkan Waktu untuk Melakukan Relaksasi

Cobalah beragam metode relaksasi sebelum mulai tidur misalnya pilates atau yoga. Kegiatan relaksasi ini bisa memberi kenyamanan dan juga ketenangan supaya Anda lebih mudah tidur dengan nyenyak. 

Lakukan juga sejumlah kegiatan yang menyenangkan seperti misalnya membaca buku, mendengar musik berirama lambat, atau mandi air hangat. Maka hal itu bisa membuat Anda tidur dengan lelap.

2. Usahakan untuk Selalu Berpikir Positif

Insomnia juga akan lebih mudah dialami oleh orang-orang yang mengalami khawatir/cemas berlebih. Maka cobalah untuk selalu berpikir dengan tenang dan berpikir positif. Cobalah untuk bermeditasi supaya pikiran menjadi lebih tenang.

Cobalah untuk melakukan konsultasi dengan psikolog dalam menjalani psikoterapi atau konseling. Metode psikoterapi ini dilakukan untuk melakukan terapi perilaku kognitif atau mengatasi insomnia.

3. Makan Makanan yang Sehat

Cara ampuh mengatasi insomnia lainnya adalah dengan banyak makan makanan sehat. Sebaiknya tidak makan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks atau jenis makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi.

Karena jenis makanan tersebut bisa membuat kerja sistem pencernaan menjadi lebih berat. Akibatnya Anda akan mengalami sulit tidur atau tubuh sulit beristirahat. Jika ingin makan camilan di malam hari maka pilihlah jenis camilan sehat seperti buah atau yoghurt. 

4. Mengurangi Konsumsi Kafein dan Minuman Beralkohol

Cara mengatasi sulit tidur yang efektif adalah mengurangi minuman berkafein atau tidak konsumsi minuman beralkohol. Seperti misalnya minuman teh, kopi, atau minuman ringan kemasan yang mengandung kafein. Terutama saat sore tiba dan menjelang waktu tidur.

Jenis minuman tersebut akan membuat Anda tetap terjaga dan sulit untuk tidur di malam hari. Supaya lebih sehat maka Anda bisa menggantinya dengan jenis minuman sehat berupa air putih atau susu.

5. Jangan Merokok Sebelum Tidur

Kandungan nikotin yang terkandung di dalam rokok juga akan membuat Anda sulit tidur. Maka sebaiknya tidak merokok sebelum tidur supaya Anda bisa tidur dengan nyenyak di malam hari.

6. Mengantisipasi Perubahan Jam Tidur Ketika Bekerja dan Bepergian

Bepergian ke suatu tempat dengan perbedaan waktu yang cukup lebar akan mengganggu ritme sirkadian. Ritme ini merupakan mekanisme dalam tubuh yang mengatur jadwal tidur, bangun, suhu tubuh, dan juga metabolisme tubuh yang alami.

Apabila ritme ini terganggu maka Anda akan mengalami insomnia. Maka aturlah jadwal dan kegiatan Anda setiap harinya dan usahakan juga untuk selalu tidur dan juga bangun pada waktu yang sama.

7. Menciptakan Kamar yang Nyaman

Banyak orang yang kesulitan tidur karena bermain game, bekerja, dan melakukan kegiatan lainnya di tempat tidur. Padahal fungsi dari kamar tidur adalah untuk tidur dan juga beristirahat. Maka ciptakanlah suasana yang nyaman di kamar tidur.

Baca juga: Tips Mengatasi Anak Susah Makan

Beberapa cara mengatasi insomnia di atas akan membantu Anda menemukan waktu tidur ideal dan Anda dapat tidur dengan nyenyak di malam hari.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Copyright©2022 Kuliner Asik