Skip to main content

Tips Makanan Sehat untuk Penderita COVID-19

Kuliner Asik, Apabila Anda mengalami gejala postif covid-19 sebaiknya perhatikan pola makan selama menjalani isolasi mandiri. Agar imunitas tubuh Anda tetap terjaga dan cepat pulih dari virus covid19.

Tips Makanan Sehat untuk Penderita COVID-19

Tips Makanan Sehat untuk Penderita COVID-19

Pada umumnya, virus COVID-19 menyebabkan pengidapnya mengalami gejala perasaan tidak nyaman. Oleh karena itu, selama melakukan karantina mandiri atau isolasi mandiri juga perlu mengonsumsi makanan kaya akan nutrisi. 

Karena makanan sehat yang direkomendasikan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sekaligus mencegah atau mengobati Covid-19. Beberapa makanan tersebut, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Air Kelapa Muda

Air kelapa dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan, meningkatkan imun tubuh, serta menghambat penyakit bawaan untuk menimbulkan risiko yang lebih tinggi bagi mereka yang terpapar Covid-19.

Air kelapa hijau/muda juga dipercaya dapat menghilangkan racun yang ada ditubuh kita. 

2. Jahe

Rasa otentik jahe yang hangat diyakini ampuh untuk mengurangi peradangan dan sakit tenggorokan akibat COVID. 

Jahe juga berkhasiat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit. Kamu bisa mengolahnya menjadi wedang atau ditambahkan pada masakan.

3. Minum vitamin D

Karena matahari adalah sumber vitamin D terbaik. Selama karantina atau isolasi diri usahakan untuk mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup untuk memenuhi kebutuhan kita.

Jika Anda tidak dapat keluar rumah, makan banyak makanan kaya vitamin D. Selalu pertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen vitamin D setiap hari. Asupan vitamin D yang direkomendasikan untuk kelompok usia yang berbeda adalah:

  • 15 g/hari untuk dewasa (18+ tahun), anak-anak (1 - 17 tahun) dan individu hamil
  • 10 g/hari untuk bayi (7 - 11 bulan)
  • 10 g/hari untuk bayi yang disusui (0 - 7 bulan)

Jika Anda berada dalam isolasi diri dan memiliki akses ke jendela, taman, atau balkon yang terbuka, maka paparan sinar matahari harian dalam waktu singkat (15-30 menit) ke lengan dan wajah tanpa tabir surya dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan vitamin D harian.

Namun, untuk perlindungan matahari yang baik Anda harus menghindari paparan sinar matahari tanpa pelindung selama lebih dari 30 menit.

4. Yoghurt

Yoghurt mengandung vitamin D yang dapat mengurangi risiko terjangkitnya infeksi pada saluran pernapasan dan mengatur sistem kekebalan tubuh. Kamu bisa mengonsumsi yogurt langsung atau dengan buah-buahan.

5. Jambu biji

Jambu biji cocok untuk dikonsumsi penderita COVID-19 karena terdapat kandungan serat yang merupakan polifenol, alkaloid dan flavonoidnya berperan meningkatkan kerja sistem imun.

6. Brokoli

Brokoli mengandung vitamin C yang sangat penting untuk meningkatkan imun tubuh. Brokoli juga bisa menurunkan kadar stress dan mencegah penyakit kanker serta jantung.

7. Ikan Salmon

Ikan salmon menyimpan Omega-3 yang bagus untuk melawan proses peradangan. Selain itu, ikan ini juga membantu mengatasi kesulitan tidur yang biasanya muncul sebagai salah satu gejala COVID-19.

8. Alpukat

Kandungan asam lemak Omega-3, vitamin A dan vitamin E pada alpukat, tak hanya memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, tapi juga membantu meningkatkan suasana hati dan menurunkan kecemasan, stress hingga depresi.

9. Telur

Telur mengandung dua bahan sekaligus, yaitu protein dan karbohidrat yang dibutuhkan oleh penderita COVID agar dapat terus berperang melawan penyakit ini.

10. Sayuran hijau

Dalam sayuran berdaun hijau terdapat banyak mineral, vitamin, serat dan beragam nutrisi yang membantu peningkatan imun, perlindungan jaringan tubuh dan pemulihan sel yang terkena dampak COVID. 

Sayuran hijau yang bisa dikonsumsi antara lain bayam, kangkung, sawi, kale dan banyak lagi.

Baca juga: Tips Mengatasi Cegukan Pada Bayi dengan Mudah

Nah itulah beberapa tips makanan sehat untuk penderita COVID-19. Namun, makanan tersebut bergantung pada kondisi masing-masing penderita. Yang terpenting adalah selalu berfikir positif dan optimis unttuk bisa sembuh dari virus covid-19 agar imun Anda tetap terjaga.

Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar