Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Sehat Menjaga Kesehatan Pencernaan Selama Berpuasa

Kuliner Asik, 5 Cara Sehat Menjaga Kesehatan Pencernaan Selama Berpuasa | Tahukah Anda bagaimana cara menjaga kesehatan pencernaan selama berpuasa?, Jika belum mengetahuinya, tepat sekali membaca artikel ini. Karena pada artikel kali ini, kami akan mengulas tentang tips bagaimana untuk menjaga kesehatan pencernaan selama bulan puasaOleh karena itu, marilah simak penjelasan mengenai menjaga kesehatan pencernaan selama berpuasa secara lengkap yang ada dibawah berikut ini.

Menjaga Kesehatan Pencernaan Selama Berpuasa
Menjaga Kesehatan Pencernaan Selama Berpuasa

Menjaga Kesehatan Pencernaan Selama Berpuasa


Kebanyakan dari kita memang kurang memperhatikan kesehatan pencernaan selama berpuasa. Karena banyaknya makanan yang tersaji di meja makan membuat kita khilaf mata. Hal inilah yang menjadi penyebab banyak orang mengalami gangguan pencernaan selama bulan puasa.


Justru sangat penting bagi kita untuk menjaga kesehatan pencernaan selama bulan Ramadan. Karena, pencernaan yang bermasalah akan menghambat kelancaran berpuasa. Kali ini kuliner Asik akan mengulas 5 cara sehat menjaga kesehatan pencernaan selama berpuasa. Simak yuk!

1. Minum Air yang Cukup


Tubuh kita juga memerlukan asupan air yang cukup guna menghindari dehidrasi, masalah pencernaan, BAB tidak teratur atau sembelit. Untuk menjaga sistem pencernaan agar selalu sehat saat berpuasa, minimal perlu minum air sebanyak 2 liter per hari. 

Kamu bisa minum 2 gelas air saat sahur, 4 gelas air setelah salat tarawih, dan terakhir 2 gelas sebelum atau sesudah sahur.

2. Konsumsi Makanan Berserat


Menurut para pakar kesehatan, mengkonsumsi makanan berserat dapat membantu pencernaan selalu sehat saat puasa. Makanan kaya serat juga dapat membantu mencegah atau mengobati berbagai kondisi pencernaan, seperti sembelit, wasir, dan radang usus besar. 

Banyak mengkonsumsi makanan berserat ketika puasa juga membantu mempertahankan berat badan ideal. Makanan kaya serat dapat kamu temukan di sayuran, kacang polong, dan buah-buahan.


3. Hindari Makanan Berlemak yang Berlebihan


Menghindari atau membatasi makanan berlemak saat sahur dan berbuka juga sangat penting menjaga kesehatan pecernaan. Pasalnya, makanan berlemak dapat memperlambat proses pencernaan makanan, serta membuat lebih rentan mengalami sembelit. 

Namun, makanan berlemak juga penting untuk tubuh sebagai cadangan energi, tapi alangkah lebih baiknya imbangi juga dengan makanan tinggi serat yang bisa mempermudah proses mencerna lemak dan makanan lainnya
.

4. Konsumsi Makanan Probiotik


Makanan atau minuman probiotik dapat kamutemukan di yoghurt atau kimchi. Makanan tersebut mengandung bakteri baik yang menjaga usus kita. Bakteri baik ini berfungsi untuk mencegah dan meringankan masalah usus. 

Mengkonsumsi makanan probiotik juga dapat melancarkan masalah sembelit dan membuat makanan lebih mudah dicerna oleh tubuh kita. Disarankan untuk makan atau minum suplemen probiotik saat puasa di waktu berbuka untuk menormalkan pergerakan usus besar kita.

5. Hindari Stress


Faktor stress juga dapat mempengaruhi kesehatan pencernaan. Para ahli berpendapat bahwa stres dapat membuat usus meradang yang mengakibatkan gangguan sistem saraf parasimpatis, yakni sistem yang berfungsi untuk mengontrol gerakan usus kita. 

Karena itu, alangkah baiknya hindari hal yang dapat menyebabkan stress dan bisa mengancam kesehatan pencernaan saat berpuasa.



Baca juga: Manfaat Kunyit untuk Lambung Selama Bulan Puasa


Sekian yang bisa Kuliner Asik sajikan mengenai 5 cara sehat menjaga kesehatan pencernaan selama berpuasa. Semoga dengan adanya informasi ini dapat memberikan manfaat untuk Anda yang sedang menjalankan ibadah puasa. Berpuasa boleh, namun kesehatan juga hal penting yang harus Anda perhatikan. Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya ke kulinerasik.com, jika ada pertanyaan silahkan hubungi Contact Us

Jangan lupa share artikel ini agar orang lain terbantu dengan adanya informasi dalam artikel ini. Sampai jumpa lagi di artikel-artikel Tips Kuliner selanjutnya.