Skip to main content

√ Manfaat Timun Suri untuk Ibu Hamil

Kuliner Asik, Manfaat Timun Suri untuk Ibu Hamil – Halo Bunda, apakah Anda sudah pernah membaca artikel tentang manfaat timun suri untuk ibu hamil?, Jika Bunda ingin tahu lebih lanjut bisa membaca artikel kali ini tentang apa saja manfaat timun suri untuk ibu yang sedang hamil. Simak yuk! artikel tentang manfaat timun suri untuk ibu hamil dibawah ini hingga tuntas.

Manfaat Timun Suri untuk Ibu Hamil
Manfaat Timun Suri untuk Ibu Hamil 

Bagi sebagian orang, masa kehamilan merupakan salah satu fase yang paling dinanti. Fase ini cukup berat sekaligus sangat didambakan oleh para wanita. Pasalnya, pada masa kehamilan mereka merasakan secara langsung pertumbuhan janin di dalam perut hingga nantinya melahirkan. 

Fase berat adalah saat kehamilan trimester pertama, dimana ibu hamil merasakan berbagai keluhan mulai dari rasa mual, sakit pinggang, hingga posisi tidur yang serba salah. 

Namun, semua itu akan terbayarkan saat melihat anak lahir dengan sehat dan selamat. Untuk menjaga agar janin yang dikandungnya berkembang dengan baik dan sehat maka ibu hamil harus mendapatkan asupan makanan yang cukup baik dari segi jumlah maupun nutrisinya. 

Oleh karena itu ibu hamil sangat dianjurkan mengonsumsi makanan-makanan sehat, sayuran, buah, serta susu sehingga semua kebutuhan nutrisinya terpenuhi.

Manfaat Timun Suri untuk Ibu Hamil


Salah satunya adalah timun suri, yaitu buah berbentuk lonjong kekuningan dari jenis labu-labuan. Sekilas tekstur timun suri hampir mirip dengan blewah atau melon. Rasanya agak tawar jika dimakan, namun terasa segar.

Segarnya timun suri didapat dari kandungan air dan aneka zat di dalamnya. Antara lain glukosa, fluktosa, vitamin A dan C, asam linoleat, potasium, kalium, saponin, hingga magnesium. Nah, dengan kandungan nutrisi yang melimpah, ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi buah timun suri ini.

Berikut ini adalah manfaat timun suri untuk ibu hamil:

1. Meningkatkan kecerdasan otak janin


Janin yang tengah berkembang dalam rahim Bunda selalu butuh asupan nutrisi yang seimbang. Nutrisi ini tidak hanya didapat melalui konsumsi vitamin prenatal saja, tetapi juga dari apa yang Bunda makan dan minum.

Mengonsumsi buah timun suri dipercaya bisa meningkatkan kecerdasan otak janin jika dilakukan secara teratur. Imbangi juga dengan mengonsumsi buah-buahan dan sayuran lainnya agar pertumbuhan janin kian maksimal.

2. Sebagai sumber antioksidan


Bagi ibu hamil memasuki fase perkembangan janin rentan sekali terkena bakteri, virus, maupun zat-zat polutan berbahaya. Untuk itu tubuh perlu pelindung ekstra agar kesehatan diri dan janin selama hamil dapat terjaga baik.

Timun suri bisa berfungsi sebagai sumber antioksidan bagi tubuh ibu hamil. Kandungan kalium, magnesium, mangan, vitamin A, B, dan C dalam timun suri dimanfaatkan tubuh untuk menangkal radikal bebas yang bisa membahayakan tubuh dan berpotensi mengganggu perkembangan janin Anda.

3. Melancarkan pencernaan dalam tubuh


Yang sering dialami oleh ibu hamil adalah mengalami sembelit, dan ini bisa membuat perut terasa tidak nyaman. Dengan mengonsumsi timun suri bisa membantu melancarkan pencernaan. 

Kandungan air dalam timun suri cukup banyak, sehingga bisa memelihara sistem pencernaan lebih baik.

4. Memelihara sistem kekebalan tubuh


Untuk menjaga kandungan tetap sehat, usahakan Bunda selalu menjaga sistem kekebalan tubuh tetap prima, sehingga penyakit tidak mudah menjangkit. Perbanyak konsumsi buah timun suri untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Karena kandungan vitamin C dalam timun suri dapat memelihara imunitas tubuh agar lebih tahan banting dan tidak mudah sakit.

5. Menjaga kesehatan tulang dan sendi


Dalam masa kehamilan, seringkali ibu hamil mengeluhkan rasa pegal, punggung sakit, dan pinggang nyeri. Semua itu disebabkan oleh pengaruh hormon kehamilan karena tubuh terus beradaptasi dengan perut dan bobot janin yang kian bertambah.

Dengan melakukan olahraga ringan, dapat membantu mengurangi keluhan tersebut. Selain itu, Bunda dapat menyantap timun suri. Karena buah ini mengandung aneka senyawa yang menjaga kesehatan tulang, seperti vitamin B1, vitamin B6, vitamin C, asam folat, dan kalsium. Sedangkan, kandungan silika dalam timun suri membantu tubuh ibu hamil menjaga persendian dengan baik.

6. Menjaga kestabilan tekanan darah


Bagi ibu hamil perlu memgontrol tekanan darah secara berkala. Terlalu tinggi atau terlalu rendah, dapat berbahaya bagi ibu dan bayi dalam kandungan. Dengan mengonsumsi timun suri dapat menjaga kestabilan tekanan darah karena kandungan serat, potasium, asam linoleat, magnesium, dan saponin di dalamnya.

Selain itu, timun suri juga bisa menurunkan kadar kolesterol. Kondisi kadar kolesterol dan kestabilan tekanan darah yang baik akan berpengaruh pada kesehatan jantung selama hamil, terutama saat menjelang persalinan.

7. Cocok dikonsumsi pengidap diabetes


Bagi Anda yang tengah hamil dan mempunyai riwayat diabetes, tentu harus ekstra hati-hati dalam memilih makanan dan minuman yang dikonsumsi. Bunda harus memperhatikan betul nutrisi pada tiap jenis hidangan dan mengatur pola makan dengan benar.

Nah, timun suri termasuk buah yang disarankan untuk pengidap diabetes. Karena kandungan karbohidrat kompleks di dalamnya bisa mengontrol kadar gula dalam tubuh karena tergolong karbohidrat ringan.

Baca juga: Manfaat Kacang Almond Bagi Kesehatan

Akhir Kata


Cukup sekian artikel dari Kuliner Asik yang bisa admin bagikan, tentang manfaat timun suri untuk ibu hamil, dimana selama masa kehamilan, Bunda harus benar-benar memperhatikan asupan yang baik untuk ibu hamil sekaligus buat bayi dalam kandungan. Dengan berbagai kandungan nutrisi dalam timun suri sangat baik untuk ibu hamil. 

Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya ke kulinerasik.com, jika ada pertanyaan silahkan hubungi Contact Us. Sampai jumpa lagi di artikel-artikel Tips Kuliner selanjutnya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar