Skip to main content

√ Manfaat Kacang Almond Bagi Kesehatan

Kuliner Asik, Manfaat Kacang Almond Bagi Kesehatan – Tahukah Anda manfaat kacang almond?, Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut, maka sudah tepat jika berkunjung di blog ini. Karena artikel kali ini akan membahas tentang manfaat kacang almond bagi kesehatan, terutama bagi wanita. Untuk lebih jelasnya Anda bisa baca artikel tentang manfaat kacang almond bagi kesehatan dibawah ini. Simak yuk!


manfaat kacang almond bagi kesehatan
manfaat kacang almond


6 Manfaat Kacang Almond Bagi Kesehatan


Kacang almond termasuk makanan nutrisi pembangkit tenaga, baik dikonsumsi secara utuh, dicincang, maupun diiris tipis. Kacang almond memang layak menyandang predikat makanan super, karena manfaat positif yang ditimbulkan banyak sekali bagi kesehatan manusia.

Berikut ini adalah 6 manfaat kacang almond bagi kesehatan, yang didukung oleh beberapa penelitian:


1. Kacang almond kaya akan nutrisi


Satu ons almond, yaitu sekitar seperempat cangkir atau 23 biji utuh, dapat memberikan sejumlah besar lemak sehat jantung. Dengan 6 gram protein nabati, 4 gram serat pengisian, setengah dari target harian untuk vitamin E, dan 20% untuk magnesium. Ditambah dengan vitamin B dan sejumlah kecil kalsium, zat besi, dan kalium.

Vitamin E dalam alamond berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi sel dari kerusakan yang dapat menyebabkan penuaan dini dan penyakit. Selain itu juga mendukung imunitas tubuh, mengurangi peradangan, membantu memperlebar pembuluh darah untuk meningkatkan aliran darah.

Magnesium berperan dalam kesehatan otak, suasana hati, dan pola tidur, serta pengaturan gula darah dan tekanan darah. Paket nutrisi keseluruhan yang disediakan almond juga membantu melindungi kepadatan tulang Anda.


2. Kaya dengan antioksidan


Almond adalah sumber antioksidan yang penting , yang sebagian besar terkonsentrasi di lapisan kulit cokelatnya. Dari satu penelitian, menemukan bahwa pada pria dan wanita yang mengonsumsi 2,5 ons almond setiap hari, kadar biomarker darah untuk stres oksidatif menurun sebanyak 27% selama satu bulan. 

Stres oksidatif adalah ketidak seimbangan antara produksi radikal bebas yang merusak sel dan kemampuan tubuh untuk melawan efek berbahaya mereka. Para ilmuwan percaya bahwa antioksidan dalam almond memberi dampak perlindungan positif.


3. Membantu kesehatan usus


Baik almond mentah maupun yang dipanggang, semuanya dapat membantu sebagai prebiotik. Yakni berfungsi sebagai makanan bagi bakteri menguntungkan dalam usus yang dihubungkan dengan kekebalan, anti-peradangan, dan kesehatan mental. 

Dalam sebuah studi baru-baru ini, sebagian orang secara acak ditugaskan untuk mengonsumsi almond. Setelah delapan minggu, para peneliti mengamati bahwa orang yang makan almond mengalami perubahan penting dalam susunan mikrobioma usus mereka, termasuk penurunan bakteri patogen, dan peningkatan keaneka ragaman bakteri yang terkait dengan hasil positif, termasuk pengelolaan berat badan, fungsi insulin, regulasi kolesterol, dan anti-inflamasi.


4. Menjaga kesehatan jantung Anda


Almond melindungi jantung Anda dengan beberapa cara. Kacang ini telah terbukti mempertahankan atau meningkatkan kolesterol HDL pelindung jantung yang "baik", sambil menurunkan kadar LDL "buruk".

Almond dan kacang-kacangan lainnya juga membantu mengurangi tekanan darah dan meningkatkan fungsi pembuluh darah, yang berarti mereka membantu pembuluh darah rileks dan mengurangi kekakuan arteri. 

Dalam satu penelitian pada orang dengan kolesterol tinggi, dua kelompok secara acak ditugaskan untuk diet penurun kolesterol yang mengandung 1,5 ons almond, atau jumlah kalori yang sama dari muffin bebas kacang. Setelah dua minggu, pemakan kacang mengalami penurunan LDL sambil mempertahankan HDL . Orang yang memakan almond juga mengalami pengurangan lemak perut dan kaki.


5. Membantu pengaturan berat badan


Mengonsumsi kacang almond, terbukti mengurangi indeks massa tubuh, dan mengurangi ukuran pinggang. Selain kenyang, kombinasi lemak sehat, protein nabati, dan serat almond meningkatkan perasaan kenyang dan menunda kembalinya kelaparan.

Penelitian terbaru menemukan bahwa almond sebenarnya mengandung sekitar 20% lebih sedikit kalori, karena beberapa kalori tidak diserap dari saluran pencernaan ke dalam aliran darah.


6. Baik untuk kesehatan kulit


Kita tahu bahwa lemak yang baik dapat mendukung kesehatan kulit, tetapi kacang almond sebenarnya dapat membantu mengembalikan ketika penuaan kulit terjadi. Dalam satu studi, menyebutkan wanita postmenopause yang sehat dibagi menjadi dua kelompok. Selama 16 minggu satu kelompok mengkonsumsi 20% dari kalori harian dengan kacang almond, dan yang lainnya makan dengan non-almond. Foto wajah dan sistem analisis gambar digunakan untuk menilai lebar dan parahnya kerutan pada awal penelitian, dan kemudian 8 hingga 16 minggu kemudian. 

Para peneliti menemukan bahwa kelompok wanita yang mengonsumsi almond secara signifikan mengurangi keriput yang parah dan lebar dibandingkan dengan wanita yang makan non-almond.


Baca juga: Menu Makanan Sehat Harian Usia 40 Tahun


Penutup



Demikian artikel dari Kuliner Asik yang bisa admin bagikan, tentang manfaat kacang almond bagi kesehatan, dimana banyak sekali manfaat positif bagi kesehatan yang dihasilkan jika Anda rutin untuk mengonsumsi kacang almond. Selalu hidup sehat dengan pola makan yang benar, agar terhindar dari berbagai penyakit dan virus. Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya ke Kulinerasik.com, jika ada pertanyaan silahkan hubungi Contact Us. Sampai jumpa lagi di artikel-artikel tips kuliner selanjutnya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->