Tempat Wisata yang Hits dan Populer Tahun 2019 di Tuban Jawa Timur


Kulinerasik.com - Kabupaten Tuban di Jawa Timur adalah kota dimana terdapat banyak tempat wisata yang menarik, mulai dari wisata alam, wisata religi dan wisata pantai yang menawarkan keindahan pastinya.

Tuban sendiri terkenal dengan minuman khasnya, yakni Tuak dan Legen yang terbuat dari buah aren. Kota Tuban juga memiliki banyak sebutan dengan sejarahnya, mulai dari julukan Kota Seribu Goa, Kota Tuak, Kota Koes Plus, Bumi Ronggolawe, hingga Bumi Wali karena di wilayah Tuban terdapat banyak makam para wali yang menyebarkan agama Islam.

Seperti wilayah Jawa Timur lainnya, Kota Tuban juga menyimpan pesona wisata yang mampu menarik wisatawan. Tempat wisata di Tuban cukup lumayan lengkap, ada pantai-pantainya yang eksotis, wisata religi, wisata goa dan air terjun, hingga wisata alam kekinian dengan spot selfienya.

Berikut ini Kulinerasik.com rangkum Tempat wisata di Tuban,  Jawa Timur yang harus kamu kunjungi:

Pantai Pasir Putih Remen
Pantai Pasir Putih Remen
Pantai ini saat ini menjadi hits, gara-gara banyak wisatawan yang mengunggah foto mereka ke sosial media, karena keindahan pantai ini sangat instagramable. Pantai yang berada di Desa Remen, Kec Jenu, Tuban Jawa Timur ini jaraknya tidak jauh dari PLTU Tanjung Awar-awar. Dengan hamparan pasir putihnya yang mempesona, pantai yang baru di resmikan pada tahun 2015 ini selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Pantai Sowan
Pantai Sowan Tuban, Jawa Timur
Pantai Sowan terletak di pinggir jalan Pantura, berada di Desa Bogorejo, Kec  Banjar, Kab Tuban. Tepatnya di Dusun Sowan. Pantai ini menyuguhkan pemandangan pantai yang cantik dan menawan. Di tepi Pantai Sowan terdapat hutan yang luasnya mencapai kurang lebih 32 Hektar dengan keindahannya. Ada berbagai macam jenis tumbuhan yang tumbuh subur di hutan ini, seperti pohon klampis,mahoni, dan pohon trembesi.

Wisata ini di kelola KPH perhutani Kabupaten Tuban. Suasana pantai identik dengan hawa panas, tetapi di pantai ini anda akan merasakan suasana yang sejuk karena banyaknya pepohonan yang rindang dan hijau di tempat ini.

Pantai Boom
Spot Pantai Boom Tuban
Pantai Boom ini berada sekitar 150 meter di utara alun-alun Tuban. Tepatnya di Desa Kutorejo, Kecamatan Tuban. Wisata ini menawarkan daratan yang menjorok ke laut sekitar 800 Meter. Di pantai ini juga terdapat 2 sumur yang di bangun dengan bangunan berarstitektur Jawa yang uniknya mengeluarkan air tawar. Di dinding bangunan sumur ini ada prasasti yang menceritakan sejarah Pantai Boom. Pantai ini dulunya mempunyai sejarah sebagai pelabuhan di zaman Kerajaan Majapahit.

Tiket masuk ke Pantai Boom hanya Rp. 2.500 setiap orangnya. Pantai dengan pemandangan yang cantik, di tambah suasana pantai yang menawan ini sangat cocok untuk merefres pikiran setelah jenuh dengan aktivitas tiap hari. Selain menikmati pemandangan di sini anda juga bisa memancing, melihat sunset dan sunrise serta berlayar di pantai menggunakan perahu nelayan.

Pantai Kelapa

Pantai ini berlokasi di Panyuran, pantai ini terletak si bagian timur wilayah Kabupaten Tuban. dipantai ini anda dapat menikmati panorama pamandangan pohon kelapa di pinggir pantai yang indah dan menawan. Pamandangan yang hijau dan rimbun dan segar bisa kamu jumpai di Pantai Kelapa ini. Karena di sepanjang bibir pantai di tumbuhi oleh banyak sekali pohon kelapa.

Pantai Cemara

Pantai yang menawarkan hijau pohon cemara di bibir pantainya. Deretan pohon cemara inilah yang membuat pantai ini di namai dengan pantai cemara. Pepohonan cemara di pinggir pantai yang rindang dan teduh membuat suasana pantai lebih menarik, di kawasan pantai cemara ini juga ada Mangrove centre yang di kelola oleh perorangan.

Kamu bisa mengunjungi mangrove centre ini tanpa di pungut biaya yang besar, hanya biaya yang di gunakan untuk pembayaran biaya penggunaan listrik dan air bersih, jadi sangat murah. Terdapat fasilitas gazebo yang bisa di gunakan sebagai tempat berteduh sambil bersantai menikmati suasana. Pantai ini aman di gunakan untuk berenang dan bermain karena pantainya yang dangkal serta ombak pantai yang relatif tenang. Tidak hanya itu, anda juga bisa Camp di pantai ini sembari menikmati suasana pantai di malam hari. Sangat cocok untuk menghabiskan waktu liburan anda.

Air Terjun Nglirip

Wisata air terun Nglirip berada di Desa Mulyo Agung Kecamatan Singgahan, tepatnya di Dusun Jojogan, Kabupaten Tuban. Lokasinya sekitar 37 Km dari kota Tuban menuju arah barat daya. Air terjun dengan ketinggian sekitar 30 meter ini di musim kemarau airnya berwarna Biru tosca, sangat instagrammable banget.

Namun konon katanya, wisata ini setiap tahunnya selalu memakan korban yang katanya tumbalnya harus gadis perawan, jadi sebaiknya lebih berhati-hati jika mengunjungi tempat ini.

Goa Ngerong

Obyek wisata ini selalu ramai terutama saat Liburan. Di Goa Ngerong ini kamu dapat melihat keindahhan goa yang di hiasi dan di huni oleh jutaan kelelawar yang bergelantungan di dinding dan atap goa. Terdapat misteri dalam goa ini yang belum terpecahkan, yaitu misteri tentang kura-kura putih dan ikan tawes yang terdapat di kolam kecil yang berada di dalamnya.

Kamu bisa melihat goa ini dengan menyusuri sungai yang ada di dalam goa menggunakan perahu karet sambil penikmati panorama pemandangan goa yang eksotis. Goa Ngerong memiliki kedalaman sekitar 1000 meter, di dalam goa juga terdapat air terjun yang indah.

Goa Akbar

Keindahan Goa Abari akan terlihat lebih indah saat berada di dalamnya, pesona staklamit dan staklatitnya sungguh menakjubkan. Konon goa ini dulunya pernah di tinggali ole Wali Sunan Kalijaga, di sini juga tersedia Paseban wali, tempat wudhu,dan Mushola. Lokasi Goa Akbar tepatnya berada di belakang Pasar Baru Kabupaten Tuban.

Goa Putri Asih

Goa dengan keindahan ornamen yang mempesona. Seperti ornamen stalakmit,stalaktit, gordyn dan pilar penyangga goa yang mempunyai keindahan yang mempesona. Keindahan goa ini tidak hanya itu, di dalam goa juga masih banyak ornamen-ornamen unik dan indah seperti Helektit, Heksentrik, Strav, Soda dan lelehan Flow stone yang meleleh menyatu dengan tanah dan membentuk ornamen yang indah yang biasa di sebut Calcite floor. Di dalam goa ini terdapat 9 ruangan doa dengan keindahannya masing-masing.

Goa Kancing

Goa ini berbeda dari goa-goa lainnya yang ada di Kabupaten Tuban. Pasalnya Goa Kancing ini mempunyai keunikan yang unik dan khas. Goa ini memiliki lubang yang bentuknya menyerupai sumur yang indah. Pasalnya kedalaman goa ini hanya sekitar 4-5 Meter, tidak terlalu dalam. Tetapi keindahan tempat ini bukan pada Goanya tetapi pemandangan alam di sekitar Goa yaitu tebing-tebing indah, tebing indah ini sangat tepat untuk di jadikan tempat hanting karena view yang indah akan tersaji di tempat ini, cocok bagi anda yang suka fotografi.

Goa Suci

Goa Suci terbentuk secara semi alami karena bentuknya menyerupai pahatan, namun goa ini di buat pada zaman purbakala, karena di dalam goa terdapat angka jawa yang bertuliskan 1026 yang menunjukkan pahatan ini dibuat saat itu.

Konon katanya goa ini adalah peninggalan jaman Majapahit. Goa ini berada di daerah penambangan kapur, dan sering di gunakan untuk bertapa, semedi dan menyendiri untuk menenangkan pikiran.

Pemandian Bektiharjo

Menurut legenda pemandian ini adalah pemandian yang menjadi cikal bakal Tuban. Pemandian ini sangat unik, karena mengeluarkan sumber air yang bersih dan tidak pernah surut meskipun di musim kemarau. Dulunya di tempat wisata ini banyak sekali monyet yang hidup di sekitar pemandian, namun sekarang populasinya sudah berkurang.
Uniknya kera disini jinak dan tidak jahil, jadi sangat bersahabat jika di ajak bermain, terdapat fasilitas kolam renang untuk anak-anak yang di lengkapi dengan wahana permainan air yang mengasyikkan.

Pemandian Air Panas Prataan

Pemandian ini berada di tengah-tengah hutan kecil, sumber air panas di pemandian ini berasal dari mata air alami. Mitos yang berkembang, warga sekitar percaya berendam di pemandian ini bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit, khususnya penyakit kulit. Tempat ini selalu ramai pengunjung setiap akhir pekan.

Watu Ondo

Lokasinya berada di Desa Bektiharjo. Kec Semanding, Tuban Jawa Timur. Di sebut watu Ondo karena bentuknya menyerupai tangga tetapi dari batu, watu ondo sendiri dalam bahasa Indonesia berarti Batu Tangga. Kamu bisa melihat panorama alam yang menakjubkan dari atas Watu Ondo ini, jika ingin menaiki Watu Ondo ini kamu harus menyiapkan fisik dan kekuatan yang prima.

Watu ondo ini di gunakan sebagai jalur akses Dusun Mbogor, Dusun Ngendut,Dusun Sencang dan Dusun Medokan. Pemandangan dari atas sangat indah dan mempesona.

Museum Kambang Putih

Museum ini berada di Jalan Kartini No.3 Tuban, tempatnya tidak jauh dari makam Sunan Bonang dan Masjid Agung Tuban. Museum ini dibangun tahun 1984. Museum Kambang Putih Tuban buka setiap hari kecuali hari senin, dan buka dari jam 7 pagi sampai jam 2 siang, di hari jumat museum ini tutup jam 11 siang dan hari sabtu tutup jam 12 siang.
Terdapat berbagai macam koleksi yang menarik seperti wayang kulit, guci kuno, senjata tradisional, naskah kuno dan masih banyak lagi. Wisata museum ini sangat cocok untuk destinasi wisata edukasi.

Pondok Pesantren Bumi Al-Maghribi

Pesantren ini sangat unik, pasalnya ponpes ini berada di dalam Goa atau perut bumi. Ponpes ini di bangun di goa mati yang terbengkalai, akan tetapi stalagtit ornamen goa yang artistik menyatu dengan bangunan ponpes yang megah memiliki seni tinggi. Di ponpes ini kamu bisa melihat bangunan masjid di dalam goa yang sangat indah. Lokasi ponpes ini ada di Desa Gedongombo,Kecamatan Semanding.

Masjid Agung

Masjid bersejarah dengan bangunan megah yang cantik, di bangun abad ke-15 oleh Bupati Tuban ke 7. Beliau adalah Adipati Raden Aryotejo, lokasinya berada di pusat kota Tuban. Masjid ini di bangun di lahan seluas 5.246 meter persegi dengan 6 menara yang menjulang langit dan di bangun atas 3 lantai. Kamu bisa mengunjungi masjid ini untuk beribadah sembari beristirahat sebelum mengunjungi obyek wisata yang lain.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel