Kuliner Khas Jawa Timur yang Bisa Kamu Coba Saat Hari Lebaran

Kulinerasik.com - Berkumpul dengan sanak famili maupun teman dekat adalah salah satu momen langka yang biasanya cuma bisa dilakukan saat Lebaran tiba. Selain berkumpul, berwisata kuliner saat lebaran tentu merupakan hal yang asyik untuk dilakukan saat kita pulang kampung. Ada banyak makanan khas daerah Indonesia yang wajib kita coba ketika kita berkunjung ke daerah keluarga besar kita. Kalau kebetulan kamu mudik di Jawa Timur,kamu bisa berburu kuliner khasnya yang mempunyai cita rasa mak nyus.

Kabupaten Jawa Timur merupakan daerah di pulau jawa yang mempunyai beraneka ragam masakan dan makanan khas yang lezat dan terkenal namanya diseluruh penjuru tanah air. Tentunya hampir semua sudah kenal dengan masakan khas Jawa Timur seperti Soto Ayam Lamongan, Rujak Cingur, Lontong Balap, Pecel Sambel Tumpang, Pecel Madiun, serta Nasi Krawu Gresik. Langsung aja yuk kita simak ulasan tentang makanan khas daerah Jawa Timur yang bisa kamu coba saat lebaran Idul Fitri di Jawa Timur:

Soto Ayam Lamongan
Soto Ayam Lamongan
Siapa yang kenal kuliner yang satu ini? Namanya sudah sangat terkenal hampir di seluruh daerah. Kuahnya yang khas dengan bumbu rempah menjadikan makanan yang satu ini selalu diburu, apalagi saat momen Lebaran. Lamongan. Untuk soto ayam lamongan yang enak dan terkenal kamu bisa mampir di Soto Lamongan Cak Har yang  ada di Surabaya maupun Soto Depot Asih Jaya yang ada di Jalan Kyai Haji Hasyim Ashari Temunggungan Kota Lamongan.

Lontong Balap Surabaya
Lontong Balap Khas Surabaya
Kuliner yang satu ini harus kamu coba, karena selain rasanya yang lezat makanan asli Surabaya ini juga merupakan makanan yang mempunyai protein nabati yang tinggi. Kamu bisa mampir ke warung Lontong Balap Pak Gendut di Jalan Kranggan serta Lontong Balap Pak Tjip Kertajaya.

Nasi Krawu Gresik
Nasi Krawu Khas Gresik
Nasi Krawu adalah makanan khas kota pudak Gresik yang gurih dan sangat nikmat yang disajikan bersama daging sapi. Nasi krawu yang sangat terkenal bisa kamu dapatkan di warung Nasi Krawu Buk Tiban Jalan Abdul Karim Gresik serta Nasi Krawu Bu Rida Jalan Adityawarman Surabaya.

Pecel Sambel Tumpang Kediri

Pecel dengan bumbu sambel tumpang dari tempe kering yang menjadikan kuiner ini berbeda dengan pecel yang biasanya, rasanya sangat gurih dan nikmat. Coba saja mampir di warung pecel tumpang Jalan Dhoho, atau Warung Pecel Tumpang Bu Tin Jalan Patimura Kediri.

Nasi Patik Tulungagung

Makanan yang disajikan dari nasi dengan sayur lodeh, urap-urap serta ikan asin ini menjadi makanan khas Tulungagung yang sangat populer dan digemari oleh sebagian banyak masyarakat pecinta makanan pedas. Kamu bisa berkunjung ke Warung Nasi Patik Pasar Ngemplak dan pasar Wage Tulungagung.

Nasi Goreng Mawut Malang

Makanan yang populer diseluruh Indonesia ini memiliki berbagai variasi, salah satunya adalah Nasi Goreng Mawut. Makanan ini dibuat dari nasi goreng yang dicampur dengan mie dan sayuran sehinga terlihat acak-acakan dan rasanya sangat enak. Warung nasi goreng mawut yang paling terkenal di Malang adalah Nasi Mawut Pakl Iwan  terletak di Jalan Aries Munandar Malang.

Rujak Soto Madura

Rujak Soto merupakan kuliner yang sangat unik karena campuran antara rujak pedas dengan segarnya kuah soto. Hal inilah yang bikin makanan ini terasa istimewa. Untuk merasakan sensasi nikmatnya rujak soto kamu bisa mampir di warung Rujak Soto Neng Maryam Universitas Trunojoyo, Madura. 

Nah itulah beberapa kuliner khas Jawa Timur yang perlu kamu coba jika berkunjung atau silaturahmi dengan keluarga atau teman di Jawa Timur. Semoga mudiknya lancar ya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel