Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan Tubuh Kita


Kulinerasik.com- Buah Naga selain enak dikonsumsi sebagai jus, ternyata buah yang lagi naik daun ini juga mempunyai banya manfaat untuk tubuh kita lho! Buah berwarna merah dengan isi warna putih atau merah ini dianggap sebagai buah super tropis dan obat-obatan karena banyak kandungan vitamin didalamnya. 
Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan
Buah Naga juga dikenal dengan nama pitaya, atau beberapa orang menyebut pir stroberi. Sedangkan Buah Naga sendiri berasal dari Meksiko, Amerika Selatan, dan Amerika Tengah.

Apa saja manfaat buah naga untuk kesehatan? Berikut ulasannya:

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C yang ditemukan dalam buah naga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan juga merangsang aktivitas antioksidan lain dalam tubuh. Karena itu, buah naga bermanfaat sebagai MPASI bayi. Menurut sebuah studi penelitian 2011, daging dan kulit pitaya putih dan merah memiliki kandungan polifenol dan flavonoid yang tinggi dan membantu menghilangkan radikal bebas. Antioksidan juga bekerja untuk meningkatkan jumlah trombosit. Karena itu dapat mengobati demam berdarah dan membantu cepat pulih.

2. Mengontrol Diabetes

Mengkonsumsi buah naga secara teratur dikaitkan dengan penurunan kadar gula darah, yang bermanfaat bagi penderita diabetes. Dalam sebuah studi tahun 2017, ditemukan bahwa prediabetes menunjukkan penurunan dibandingkan dengan orang yang belum makan buah naga.

3. Mencegah Kanker

Buah naga membantu mencegah kanker seperti kanker usus besar. Jika merasa sering sakit atau bahkan jika berisiko tinggi terserang kanker, disarankan mengkonsumsi buah naga. 

4. Tinggi Akan Serat

Kandungan oligosakarida yang tinggi membantu meningkatkan pertumbuhan bakteri usus seperti lactobacilli dan bifidobacteria. Studi tentang prebiotik alami di Thailand menunjukkan bahwa buah ini membantu meningkatkan flora usus yang sehat, yang penting untuk pencernaan yang lancar.

Buah naga memiliki kandungan serat yang sangat tinggi yang memperlancar pencernaan. Karena itu buah ini dapat membantu mencegah sembelit, sindrom iritasi usus, dan bahkan kanker kolorektal.

5. Kaya Zat Besi dan Mencegah Anemia

Buah ini juga mengandung zat besi. Zat besi sangat bagus untuk meningkatkan kadar hemoglobin pada penderita anemia. Buah naga juga dapat memacu produksi sel darah merah yang berfungsi membantu oksigenasi yang tepat dari organ vital.

6. Menurunkan Berat Badan

Kandungan antioksidan dalam buah naga dapat membantu detoksifikasi dengan membuang racun dari tubuh. Hal ini akan membantu penurunan berat badan.

7. Merawat Kulit

Antioksidan dalam buah naga membantu melawan tanda-tanda penuaan dengan mengurangi efek berbahaya dari radikal bebas dalam tubuh. Dan juga membantu dalam merawat kulit terbakar, kulit kering, dan jerawat. Kandungan vitamin C dalam buah naga juga dapat membantu mencerahkan kulit.

8. Kaya akan Magnesium dan Vitamin B

Buah naga mengandung banyak akan mineral seperti magnesium dan vitamin seperti vitamin C dan vitamin B. Manfaat magnesium adalah meningkatkan kesehatan tulang dan kesehatan jantung.

Posting Komentar untuk "8 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan Tubuh Kita"