Resep Minuman Tradisional Jamu Kunyit Asam untuk Kesehatan Wanita


Kulinerasik.com - Kunyit memang lebih populer menjadi bumbu dapur atau sebagai pewarna makanan alami. Namun ternyata tanaman yang termasuk jenis zingiberaceae ini pun mempunyai manfaat yang sangat baik dalam mengatasi gangguan pada tubuh. Rimpang kunyit yang mempunyai senyawa aktif curcumin mempunyai manfaat agar organ selalu sehat dalam tubuh kita. Dan kunyit asam sendiri merupakan salah satu jenis ramuan alami dari kunyit yang banyak diyakini oleh banyak orang dari jaman dulu dalam menyembuhkan bermacam keluhan penyakit pada perempuan.
Jamu Kunyit Asam
Kunyit asam juga dipercaya sanggup mempertahankan tubuh menjadi selalu ramping dan sanggup mengurangi gangguan nyeri ketika menstruasi. Dulu jamu atau minuman tradisional kunyit asam ini banyak dikonsumsi oleh para perempuan dipagi hari. Selain itu manfaat lain dari kunyit asam yang sangat terkenal adalah sanggup membantu meminimalisir anyir tubuh yang tidak sedap. Karena senyawa dalam kunyit asam mampu membunuh atau mengurangi kuman yang mengakibatkan anyir tubuh .

Bahan-bahan Tradisional Jamu Kunyit Asam:
  • Kunyit 40 gram
  • Asam Jawa secukupnya
  • Gula Jawa atau Gula aren secukupnya
  • Es batu jika suka minum dalam keadaan dingin

Cara Membuat Minuman Tradisional Jamu Kunyit Asam:
  1. Pertama-tama basuh sampai bersih kunyit kemudian potong tipis-tipis. Rebus kunyit dengan menggunakn ½ liter air. Sesudah itu masukkan asam Jawa dan tambahkan gula aren secukupnya sesuai selera, rebus hingga hanya menyisakan kira-kira 400 mili liter air.
  2. Lalu saring air rebusan atau ramuan kunyit asam kemudian dinginkan.
  3. Bisa juga dinikmati selagi hangat, atau kamu bisa menikmatinya dengan ditambahkan sedikit es batu biar lebih segar rasanya.

Nah, itulah bahan-bahan dan cara pembuatan minuman tradisional atau jamu kunyit asamnya. Cukup mudah bukan? bahan-bahannya juga sangat gampang didapat, dan hemat tentunya. Jadi memudahkan kita dalam pembuatan jamu kunyit asam sendiri dirumah. Semoga bermanfaat!

Click to comment