7 Kuliner Mak Nyus Khas Lebaran, Yakin Gak Mau Mudik?


Kulinerasik.com - Setelah hampir sebulan penuh kita menjalankan ibadah puasa, ada satu momen yang paling ditunggu, yaitu Hari Raya Lebaran dan tradisi mudik bagi yang bekerja di perantauan. Lebaran memang identik dengan tradisi mudik, bermaaf-maafan sampai dengan beli baju baru.

Selain itu ada lagi yang bikin semua orang kangen suasana mudik adalah masakan khas lebaran dari ibu tercinta. Apalagi disantap dengan keluarga besar, pasti dijamin lebih istimewa. Apa saja sih makanan khas lebaran yang bikin orang jadi pengen mudik, simak yuk!

1. Ketupat
Ketupat
Siapa yang nggak kenal dengan hidangan yang satu ini? Makanan wajib saat hari lebaran ini pastinya selalu ada menemani. Lebaran tanpa ketupat itu rasanya kurang rame. Makanan dengan bahan dasar beras atau ketan ini jadi hidangan nomor satu saat lebaran. Ketupat atau Kupat dalam bahasa Jawa mempunyai arti Ngaku Lepat dan Laku Papat. Ngaku Lepat berarti mengakui kesalahan, Laku  Papat artinya empat tindakan. Yang terdiri dari Lebaran (usai), Luberan (meluber atau melimpah), Laburan (labur atau kapur).

2. Opor Ayam
Opor Ayam
Sekilas rasanya hampir mirip dengan kari, rasa kuahnya yang sedikit kental memang sangat cocok disajikan dengan ketupat. Menu ini termasuk kuliner yang wajib ada saat Lebaran tiba. Makanan dari bahan dasar daging ayam, dipadu santan dengan campuran rempah-rempah lainnya. Hmm,jadi semakin pengen mudik aja nih!

3. Rendang
Rendang
Makanan berbahan dasar daging sapi ini, dinobatkan sebagai makanan terenak di dunia versi CNN International pada Tahun 2011. Rendang juga mendapatkan gelar “The Most Balanced Food” dalam acara LA Travel  & Adventure Show. Yang bikin rendang jadi spesial adalah makanan ini bisa bertahan selama tiga bulan tanpa harus dipanaskan lho!

4. Semur

Satu lagi makanan yang hampir tidak pernah absen saat lebaran adalah Semur Daging. Makanan yang diolah dengan kecap manis ini ternyata berasal dari Negeri Kincir Angin Belanda. Semur yang berasal dari kata “Smoor” berarti masakan yang direbus dengan tomat hingga empuk.

5. Serundeng Daging
Serundeng Daging
Serundeng Daging juga tak bisa lepas dari menu makanan khas Lebaran. Teksturnya seperti abon sapi namun sedikit kasar, cita rasanya manis dan gurih. Menu serundeng daging sapi saat Lebaran sangat cocok disajikan dengan ketupat.

6. Sambal Goreng Ati
Sambal Goreng Ati
Saat lebaran, sepertinya kurang lengkap kalau enggak makan sambal goreng ati. Apalagi kalau dimasak dengan kentang. Rasanya mantul dan mak nyus pake banget! Selain ati ampela, sambal goreng ini juga bisa dikombinasikan dengan daging lainnya.

Sambal goreng ati juga bisa menjadi pelengkap hidangan saat momen lebaran. Kurang lengkap rasanya Ketupat dan Opor Ayam tanpa dicocol dengan sambal goreng ati.

7. Gulai Kambing

Rasanya yang mak nyus bikin hidangan ini juga wajib ada saat lebaran. Jangan sampai bosan dengan menu daging saat lebaran, karena momen inilah kita bisa menikmati olahan daging yang bervariasi. Nah, sebaiknya kamu bisa mempersiapkan daging kambing jauh hari, karena menjelang Lebaran biasanya mahal harganya.

Gimana, sudah gak sabar pengen mudik?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel