Skip to main content

7 Pasar Kaget Khas Ramadhan di Indonesia, Bikin Kangen Kampung Halaman

Kuliner Asik, 7 Pasar Kaget Khas Ramadhan di Indonesia, Bikin Kangen Kampung Halaman – Halo sobat kuliner, apakah Anda kangen dengan suasana khas Ramadhan?, Jika sobat ingin nostalgia dengan suasana khas Ramadhan seperti pasar kaget yang selalu ada saat  waktu ngabuburit. Sobat bisa baca artikel tentang pasar kaget khas Ramadhan dibawah ini hingga tuntas.

Pasar Kaget Khas Ramadhan di Indonesia


Saat memasuki bulan Ramadhan, berbagai kota di Indonesia, biasanya muncul pasar kaget khas Ramadhan. Di pasar ini tersedia berbagai menu takjil dan berbuka puasa yang menggugah selera. Mulai dari Aceh hingga Surabaya, pasar kaget khas Ramadhan ini hanya hadir selama bulan puasa saja. 

Biasanya pasar ini mempunyai stand di depan masjid besar atau di alaun2. Di Indonesia, hampir tiap daerah memiliki pasar Ramadhan. Berikut ini adalah 7 pasar kaget khas Ramadhan di berbagai kota besar di Indonesia:

1. Jakarta

Pasar Kaget Khas Ramadhan di Indonesia
Pasar Kaget Khas Ramadhan di Indonesia

Di Jakarta pasar Ramadhan yang populer ada di Bendungan Hilir alias Benhil. Pasar Ramadhan ini sudah ada selama bertahun-tahun, Biasanya pengunjung yang kesini akan berburu kolak, es buah, bubur sumsum, hingga jajanan pempek dan batagor. 

Selain di Benhil, pasar kaget khas Ramadhan juga ada di kawasan Sunda Kelapa, Kramat Raya, dan kawasan Gandaria di Jakarta Selatan.

2. Banda Aceh

Pasar Kaget Khas Ramadhan di Indonesia

Kota serambi Mekah ini memang terkenal kental dengan ajaran Islam, sehingga nuansa Ramadhan terasa begitu istimewa. Setelah Ashar, pasar Ramadhan di Banda Aceh mulai ramai diserbu pengunjung. 

Beberapa lokasi yang populer antara lain adalah Jalan Lampisang, Simpang Lima, Darussalam, dan Pasar Aceh dekat Masjid Raya Baiturrahman. Untuk camilan, kamu bisa mencoba menu khas Aceh seperti mi caluk, kue boi, meuseukat halua breuh, timpan, dan rujak Aceh.

3. Padang

Pasar Kaget Khas Ramadhan di Indonesia


Kota Padang juga punya pasar Ramadhan, di ibu kota Sumatera Barat ini ada beberapa titik pasar Ramadhan yang dikenal bernama Pasar Pabukoan. Salah satu yang populer ada di Pasar Bandar Buat di Jalan Raya Indarung. 

Kamu bisa menjumpai menu buka puasa yang nikmat dan enak disini, dengan suguhan lamang tapai, bubur kampiun, rendang, dan lopis sarabi.

4. Medan

Pasar Kaget Khas Ramadhan di Indonesia


Menu takjil khas Kota Medan terkenal sangat enak, seperti Bubur Sop Kesultanan Deli. Bubur ini merupakan menu iftar di Istana Maimun sejak tahun 1909. Kamu bisa coba bubur sop ini untuk menu buka puasa, lokasinya ada di Masjid Raya Al-Mahsun di Jalan Sisingamangaraja. Lokasi pasar kaget khas Ramadhan lainnya ada di Medan Johor.

5. Bandung

Pasar Kaget Khas Ramadhan di Indonesia

Lapangan Gasibu dan Gedung Sate seketika berubah menjadi pusat kuliner alias pasar kaget Ramadhan. Pengunjung bisa berburu jajanan khas Bandung untuk menu buka puasa seperti cireng dan batagor. Juga ada menu lainnya seperti kolak dan bubur sumsum.

6. Yogyakarta

Pasar Kaget Khas Ramadhan di Indonesia

Kota Jogja yang terkenal akan budayanya juga memiliki spot pasar Ramadhan. Pasar Ramadhan yang terkenal disini ada di Kampung Kauman. Kawasan ini juga dikenal sebagai pemukiman Muslim di Yogyakarta. Banyak menu takjil khas Jogja yang dijajakan disini, seperti kicak, kipo, dan botok.

7. Surabaya


Pasar Ramadhan di Surabaya lokasinya ada di Pasar Blauran, Pasar Atom dan komplek Masjid Al-Akbar. Terdapat berbagai menu jajan pasar khas Jawa sebagai menu takjil seperti klepon, lupis, putu, gethuk, dan ketan hitam. 

Ada juga menu lainnya yang tak kalah enak seperti bubur Madura, kue lumpur, dan bongko menthuk.

Apa nama pasar kaget di kampung halamanmu?


Auto Baca: Yuk! Berburu Sahur Enak dan Murah di Surabaya


Penutup


Sekian yang bisa Kuliner Asik sajikan mengenai 7 pasar kaget khas Ramadhan di Indonesia, bikin kangen kampung halaman. Semoga dengan adanya informasi ini dapat memberikan manfaat untuk Anda yang kangen kampung halaman namun tidak bisa mudik saat ini. Semoga sukses! Terima kasih dan sampai jumpa di artikel tempat kuliner selanjutnya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar