Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Segarnya Buka Puasa dengan Minuman Buko Pandan Khas Filipina

Kulinerasik.com – Minuman segar khas Filipina ini bisa menjadi pilihan favorit keluarga sebagai menu buka puasa. Cita rasanya benar-benar creamy berpadu aroma wangi pandan dan tentunya sangat segar, apalagi dalam keadaan dingin dengan ditambahkan es batu.


Minuman Buko Pandan Khas Filipina

Nah berikut ini adalah resep mudah membuat buko pandan dengan bahan sederhana yang bisa kamu bikin dirumah. Kreasi es kelapa muda aroma pandan dengan kuah susu keju, beserta pelengkap penyajiannya yang juga bisa kita modifikasikan lagi sesuai selera.

Bahan Buko Pandan:
  • 1 buah kelapa muda, kerok dagingnya
  • 1 bungkus agar-agar plain
  • 1 bungkus atau 210 gram sari kelapa nata de coco
  • 15 lembar daun pandan lalu blender dengan 300 ml air
  • 1000 ml susu uht ultramilk atau juga bisa memakai susu evaporasi
  • Susu kental manis secukupnya
  • Keju parut sesuai selera
  • Tambahkan sagu mutiara


Cara Membuat Buko Pandan:
  1. Pertama-tama blender 15 lembar daun pandan bersama 300 ml air, setelah itu saring. Hasil blenderan pandan bisa langsung dipakai untuk menambahkan aroma, rasa dan mempengaruhi warna pada kuah. 
  2. Tips sederhana membuat ekstrak pandan sendiri di rumah, kita bisa simpan dalam wadah atau gelas maupun bungkus plastik dan berdirikan pada sebuah gelas (bagian runcing di bawah), lalu masukkan dalam kulkas, biarkan seharian sampai ada endapan pasta pandan di bagian bawah yang berwarna pekat.
  3. Air kelapa muda bisa kita manfaatkan untuk campuran agar-agar bubuk, aduk rata serta beri pasta pandan tadi secukupnya. Rebus hingga mendidih sambil terus diaduk, tuang dalam wadah dan biarkan mengeras.
  4. Potong-potong agar-agar yang sudah mengeras, sebagaian dipotong dadu dan sebagain lainnya diserut atau potong memanjang.
  5. Siapkan wadah lalu tuangkan susu, daging kelapa muda, nata de coco tanpa airnya, potongan agar-agar, aduk rata. Lalu tambahkan susu kental manis dan pasta pandan secukupnya serta parutan keju lalu aduk rata kembali. Terakhir simpan dalam kulkas dan minuman segar buko pandan siap disajikan.