7 Tradisi Unik di Berbagai Negara Menyambut Bulan Suci Ramadhan


Kulinerasik.com - Tradisi menyambut bulan Ramadhan bukan hanya terjadi di Indonesia saja, namun di beberapa negara di belahan dunia juga mempunyai tradisi unik dan sangat beragam. Penasaran? Berikut ini kami rangkum 7 tradisi unik di berbagai negara menyambut Bulan Suci Ramadhan;

1. Ledakan Meriam di Mekkah, Sebagai Tanda Bulan Ramadhan Sudah Dekat
Ledakan Meriam  sebagai Penanda Bulan Ramadhan sudah Dekat
Tradisi unik di  Mekkah, yakni ledakan meriam sebagai tanda menyambut bulan Ramadhan hampir mirip dengan tradisi mercon di Indonesia. Kamu akan mendengar suara bola meriam yang akan dilakukan saat matahari terbit, sebagai penanda bahwa Ramadhan telah tiba. Kemudian kamu akan mendengar ledakan meriam ke dua pada waktu buka puasa juga. Tradisi unik sudah ada sejak tahun 859 Hijriah oleh Sultan Mesir.

2. Suara Gaduh Tengah Malam Menyambut Bulan Ramadhan di Turki

Di Turki kamu dapat menemukan tradisi unik untuk menyambut Bulan Ramadhan, yakni diawali dengan tabuhan drum yang dilakukan warga Turki pada waktu tengah malam atau menjelang pagi. Mungkin yang belum pernah berkunjung ke Turki akan kaget dengan suasana gendering yang super gaduh ditengah malamnya. Tradisi ini bertujuan untuk membangunkan warga untuk sahur.

3. Makan Camilan yang Gurih bersama dengan Masyarakat Pakistan

Jika kamu berkunjung ke Pakistan sebelum bulan Ramadhan, kamu akan meyaksikan tradisi penyambutan bulan baik ini. Masyarakat di Pakistan mmpunyai cara unik dengan makan bersama menyantap makanan khas Ramadhan. Hidangan yang disajikan seperti samosa, pakoras, dan chaat, makanan ini merupakan camilan gurih yang dihadirkan pada saat bulan Ramadhan saja. Biasanya sebelum acara makan bersama dimulai, warga Pakistan beramai-ramai menyiapkan menu iftar itu.

4. Lampion-lampion yang Menggantung di Sepanjang Jalan di Mesir
Lampion-lampion Cantik Menghiasi Jalanan Mesir Selama Bulan Ramadhan
Tradisi unik ini hampir mirip dengan tradisi hari raya Imlek, saat para etnis Thionghoa di Indonesia menggantungkan lampion di Klenteng. Di Mesir kamu bisa menjumpai lampion-lampion cantik yang tergantung di sepanjang jalan. Tradisi unik ini disebut dengan “Fanous” Ramadhan. Tradisi ini bertujuan sebagai penanda kalau bulan Ramadhan akan segera tiba. Lampion yang digantungkan merupakan lampion tradisional khas Negara Piramida ini. Tradisi ini sudah ada bertahan selama 969 tahun lalu lho!

5. Pasar kaget di Aljazair untuk Menyambut Bulan Puasa

Tradisi unik di Aljazair adalah banyaknya warga yang bergadang semalam penuh untuk menyambut bulan Ramadhan. Mereka juga akan membuka lapak di sepanjang jalan dan mendirikan pasar kaget atau dadakan. Pasar ini selalu ramai selama bulan Ramadha. Tradisi ini akan berlangsung terus hingga sahur tiba. Jadi pada pagi hari masyarakat mengawali aktivitasnya dimulai sekitar satu jam lebih lambat.

6. Tontanan The Ring Game di Irak pada Bulan Ramadhan

Negara Irak sendiri memiliki tradisi yang unik untuk menyambut bulan Ramadhan. Tradisi ini adalah permainan seru dan hanya dimainkan di bulan Ramadhan saja. Permainan ini disebut dengan “The Ring Game”, yakni permainan yang terdiri dari dua tim di mana masing-masing tim terdiri dari 10-20 orang. Salah satu anggota tim harus menyerahkan cincin kepada anggota tim lain dan anggota tim lawan harus menembak siapa yang menyembunyikan cincin terebut. Unik bukan?

7. Warga Maroko Mengecat Rumah Mereka untuk Menyambut Bulan Suci Ramadhan
Warga Maroko Mengecat Rumah Menyambut Bulan Ramadhan
Tradisi mengecat dinding rumah mereka dan juga membersihkannya untuk menyambut bulan Ramandhan.Tradisi ini berlangsung sejak dua sampai tiga minggu sebelum bulan Ramadhan. Sekilas tradisi ini hampir mirip dengan tradisi bersih-bersih rumah menyambut Idul Firti di Indonesia. Warga Maroko juga akan mengundang teman dan kerabat ke sebuah persta untuk membangkitkan semangat selama bulan suci Ramadhan.

Kalau kamu punya tradisi unik apa sobat, selama Bulan Ramadhan?

Click to comment