5 Rekomendasi Tempat Buka Puasa di Semarang yang Mantul Banget!


Kulinerasik.com - Ketika memasuki bulan suci Ramadhan, semua umat islam melaksanakan ibadah puasa selama sebulan penuh. Pada saat itu buka puasa menjadi saat-saat yang paling dinantikan selama Ramadan. Momen ini juga seringkali dimanfaatkan oleh teman maupun keluarga sebagai ajang reuni dan berkumpul untuk menikmati buka bersama bareng. Bukan hanya menu yang disajikan, namun suasana tempat makan yang nyaman dan sejuk dipandang mata juga menjadi pertimbangan. Nah, di Kota Semarang yang merupakan salah satu kota metropolitan terbesar kelima di Indonesia, setelah Jakarta, Surabaya, Bandung, dan Medan, mempunyai banyak tempat buka puasa yang keren dan syahdu untuk membatalkan puasa. Simak ulasannya di sini sobat!

1. Rumah Makan Kampung Laut
Rumah Makan Kampung Laut
Rumah makan yang satu ini memang mantul banget, Rumah Makan Kampung Laut di Kompleks Puri Maerokoco, PRPP Jawa Tengah, Tawang Mas. Menu yang disajikan pun gak kalah keren, mulai dari Grilled Salmon with Taragon Sauce, Udang Mayonnaise, sup sirip hiu, dan bibir ikan menjadi menu andalan tempat ini. Rumah makan dengan Konsep berupa rumah-rumah apung yang saling terhubung dengan jembatan kayu. Membuat Kamu bisa menikmati sunset sembari menikmati hidangan buka puasa. Suasana disini semakin syahdu pada malam hari.

2. Toko Oen
Menu Es Krim di TokoOen
Konsep Toko Oen adalah tempat makan yang menawarkan nuansa kolonial pada zaman Belanda. Tempat ini juga recommended banget untuk buka bersama keluarga atau teman. Ketika menyantap hidangan buka puasa di sini, kamu akan merasa seperti kembali ke zaman doeloe. Toko Oen ini sudah ada sejak tahun 1935 lho! Menu utama yang dijual di sini adalah aneka kue kering dan es krim klasik. Tersedia juga makanan berat di Toko Oen ini, seperti Chicken Cordon Bleu, Macaroni Schotel, BBQ Chicken, Nasi Goreng, dan Bakmi Goreng. Lokasinya berada di Jalan Pemuda No. 52, Semarang.

3. Soto Bangkong
Soto Bangkong
Jika berkunjung ke Semarang kamu harus mencoba berbuka puasa dengan makanan legendaris yang satu ini. Ya, apalagi kalau bukan Soto Bangkong, soto yang sudah ada sejak tahun 1950 ini terdiri terbuat dari daging ayam yang disuwir, tomat, tauge, bihun, bawang putih goreng, dan bawang merah goreng.  Kuah Soto Bangkong ini berwarna bening kecoklatan, berbeda dengan kuah soto di Jawa Timur yang berwarna kuning. Sebagai pelengkap kamu bisa menambahkan hidangan lainnya, seperti sate kerang, tempe, sate telur puyuh, tahu, dan perkedel. Soto Bangkong ini berada di Jalan Brigjen Katamso No. 1, Semarang.

4. Koeno Koeni Cafe Gallery
Koeno Koeni Café Gallery
Koeno Koeni Café Gallery berada di kawasan Siranda, tepatnya di Jalan Tabanan Nomor 4. Dari tempat ini, kamu bisa melihat pemandangan Kota Semarang dari atas yang syahdu, apalagi menjelang malam hari. Koeno Koeni menyediakan menu masakan Indonesia dan Barat. Masakan Indonesia yang menjadi favorit disini antara lain nasi campur Koenokoeni, asem-asem ikan patin, nasi langgi, nasi sambal tumbang, gudeg, dan sayur lodeh.

Disini juga terdapat koleksi ratusan barang kuno yang bisa kamu lihat sambil menunggu pesanan makanannya.

5. Pesta Keboen
Restoran Pesta Keboen
Pesta Keboen merupakan restoran bergaya klasik dengan suasana yang romantis dan arsitektur yang sangat syahdu. Kota Semarang memang cocok banget untuk dijadikan nostalgia tempoe doeloe sambil berbuka puasa. Di restoran ini terdapat ruangan outdoor maupun indoor, menu makanan yang menjadi andalan disini adalah Ayam Asap, Sop Ayam Lilit Sapi Pasar Karangjoe, dan Nasi Goreng Babat. Restoran Pesta Keboen beralamatkan di Jalan Veteran 29, Semarang.

Sobat kulinerasik, inilah 5 tempat makan di Semarang yang bisa kamu jadikan referensi bersama teman atau keluarga untuk buka puasa sekaligus berwisata kuliner. Selamat berpuasa!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel