Selain Sebagai Lalapan, Daun Kemangi Juga Punya Manfaat untuk Kesehatan Lho!


Kulinerasik.com - Daun kemangi yang biasa kita jadikan lalapan tiap hari adalah jenis tanaman rempah penyegar atau tonikum, yang masih satu golongan dengan daun basil atau daun mint. Sekilas memang daun kemangi dan basil terlihat mirip. Daun basil cenderung memiliki tekstur yang lebih tebal dengan daun yang berukuran lebih besar dan gemuk. Berbeda dengankemangi, yang memiliki bentuk daun lebih tipis dan memanjang. Aromanya juga menyengat seperti limau.
Daun Kemangi Mempunyai Khasiat untuk Kesehatan
Masyarakat Indonesia mengenal daun kemangi sebagai lalapan. Karena terkenal sebagai lalapan, banyak orang tidak tahu manfaat manfaat daun kemangi untuk kesehatan kita.

Lalu Apa Saja Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan?

Manfaat daun kemangi untuk kesehatan sudah diterapkan di China, tanaman ini digunakan sebagai obat infeksi, sakit perut, gigitan ular, sengatan serangga, obat deman hingga sebagai obat kanker. Ulasan berikut ini adalah manfaat daun kemangi untuk kesehatan. Simak yuk!

Meredakan Stres

Daun kemangi terbukti dapat meredakan stress, terdapat banyak penelitian menemukan bahwa daun ini dapat membantu mengatasi stres fisik, metabolisme, hingga psikologis dengan kombinasi pengobatan yang diresepkan dokter.

Daun kemangi diketahui dapat membantu melawan stres metabolik dengan cara mengendalikan gula darah, tekanan darah dan kadar lipid karena memiliki sifat antianxiety atau anticemas dan antidepresan.

Memelihara Kesehatan Jantung

Manfaat daun kemangi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita adalah dapat memelihara kesehatan jantung. Daun kemangi yang mengandung akan beta-karoten dan magnesium, mineral berfungsi menjaga dan memelihara kesehatan jantung. Selain berolahraga dengan rutin dan menjaga pola makan yang teratur, mengonsumsi kemangi secara rutin dipercaya dapat memperkuat jantung Anda.

Memperkuat Masa Hidup Sperma

Daun yang memiliki aroma khas ini memiliki kandungan senyawa arginine yang dapat memperkuat masa hidup sperma. Kandungan dalam daun kemangi juga mampu merangsang terbentuknya hormon androgen dan estrogen. Manfaat daun kemangi untuk kesehatan reproduksi ini sangat bagus bagi pasangan yang berencana untuk memiliki atau menambah keturunan.

Menurunkan Gula Darah

Daun kemangi juga dapat menurunkan gula darah, dengan mengonsumsidaun kemangi secara rutin, kamu secara otomatis dapat mengontrol gula darah ditubuh kita agar tetap normal.
Mencegah bau mulut dan bau badan

Manfaat daun kemangi yang satu ini sudah banyak diketahui orang. yakni mencegah bau mulut dan bau badan. Jika tidak suka dengan baunya yang menyengat jika harus dimakan langsung, kamu bisa membuat air perasan daun kemangi yang dicampur dengan kunyit dan daun beluntas lalu meminumnya secara rutin setiap hari lho!

Mengobati Nyeri payudara dan Batu Ginjal

Khasiat daun kemangi untuk kesehatan yang lain adalah dapat mengatasi penyakit diare, gangguan pada vagina, nyeri payudara, hingga mengatasi batu ginjal dan albuminaria.

Mencegah Demam Berdarah

Munculnya kasus demam berdarah di Indonesia, memang meresahkan masyarakat. Namun, ada salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penularan infeksi penyakit tersebut. Dari hasil penelitian menyebutkan bahwa ekstrak daun ini bisa dijadikan sebagai inteksida dalam sediaan obat nyamuk bakar untuk mencegah gigitan nyamuk Aedes Aegypti penyebab penyakit demam berdarah. Daun kemangi memiiliki kandungan flavonoid, saponin, tanin, dan minyak atsiri yang berkhasiat sebagai racun untuk nyamuk. Daun kemangi bisa kamu jadikan pertimbangan untuk mengusir serangga secara alami di rumah.

Ternyata daun kemangi yang seringkali kita jadikan lalapan, mempunyai manfaat besar untuk kesehatan. Jangan lupa konsumsi daun kemangi ya agar sehat selalu!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel