Mantul! Soto Madura H. Ngatidjo Ini Selalu Ramai Diserbu Pengunjung Tiap Harinya


Kulinerasik.com - Soto Madura H. Ngatidjo sudah berdiri sejak tahun 1964, selain soto disini juga menyediakan menu andalan yang lain seperti ayam kalasan panggang dan goreng. Harga soto dibanderol Rp. 23.000 ribu per porsi belum termasuk nasi. Soto di sini terdiri dari beberapa pilihan isian, misalnya ayam, daging, atau campur yang berarti campuran daging dan jeroan. Daging lalu dicampur dengan tauge dan disiram dengan kuah kaldu berwarna kecokelatan yang cukup pekat.
Soto Madura H. Ngatidjo
Sebagai menu pelengkap, soto ditaburi bubuk koya atau bubuk kerupuk udang yang gurih. Di meja akan disediakan lauk tambahan berupa sate usus ayam, sate telur muda, bacem jeroan serta perkedel dan kerupuk.

Soto Madura H. Ngatidjo terletak tepatnya di dua ruko di Jalan Biak Nomor 58A. Warung soto yang berdiri 50 tahun lebih ini awalnya belum seperti sekarang. Namun sekarang sudah memiliki belasan meja dan lengkap dengan kursi-kursinya. Haji Ngatidjo hanya menjual soto racikannya itu di sebuah tenda kaki lima yang hanya bisa menampung maksimal 10 orang.

Setelah hampir 30 tahun sang pemilik soto menjual dagangannya dan akhirnya cita rasanya yang lezat menyebar dari mulut ke mulut para pengunjung yang sudah mencicipi soto maduranya. Hingga akhirnya, pada awal tahun 2000,Haji Ngatidjo yang selama puluhan tahun mengumpulkan modal bisa pindah ke dua ruko yang saat ini ditempati untuk berusaha..

Warung soto H. Ngatidjo menyediakan tiga menu jenis soto, yakni soto daging, campur dan ayam. Para pembeli bisa memilih soto yang diinginkan, kuah soto berwarna kuning pekat tanpa santan dengan irisan daun bawang menjadi ciri khas soto madura ini. Aromanya yang merebak hingga keluar dari kuah soto dijamin bisa membuat lidah bergoyang.

Potongan daging dan paru dari seporsi sotonya memang tebal dan besar, namun meski tebal dan besar, potongan daging dan paru itu sangat empuk. Bahkan bisa dibelah dengan mudah menggunakan sendok dan mudah hancur saat dikunyah. Kamu juga bisa memesan satu pi¬ring pelengkap berisi jeroan untuk soto seperti perkedel, satai, telur puyuh, usus, babat, paru dan juga limpa siap tersedia.

Selain menu andalan soto Madura disini juga tersedia menu ayam kalasan goreng yang tak kalah nikmatnya. Satu porsi menu ayam kalasan goreng disajikan dengan ayam kampung. Seporsinya cukup besar, yakni satu porsi ayam paha yang menyambung dengan bagian dada.
Ayam Goreng H. Ngatidjo
Cita rasa daging ayamnya yang lembut dan empuk dengan bumbu yang sedikit manis di permukaan daging dan kulit ayam semakin menambah kelezatan ayam goreng ini. Belum lagi tambahan cocolan sambal terasi yang dicampur dengan sedikit kecapnya. Untuk ayam gorengnya dibanderol dengan harga Rp. 25.000 belum termasuk nasi. Harga yang sangat sebanding dengan kenikmatan dan porsi yang disajikan dari Soto Madura H Ngatidjo.

Click to comment