Rasakan Sensasi Nasi Pecel Mbok Yem, Warung Tertinggi di Indonesia


Kulinerasik.com - Sudah biasa dengan menikmati hidangan di suasana warung ataupun cafe yang romantis? Nah kuliner yang satu ini harus kamu coba buat yang gemar mendaki gunung. Warung anti mainstream ini sudah berdiri sejak tahun 1980-an. Bukan di lereng atau kaki gunung, namun Warung Mbok Yem berada di sebuah pondok yang terletak beberapa meter dari Puncak Hargo Dumilah, puncak tertinggi di Gunung Lawu.
Warung Mbok Yem di Puncak Gunung Lawu
Mbok Yem atau Wakiyem adalah pemilik warung makan pemilik warung makan yang berada di puncak Gunung Lawu yang terletak di perbatasan propinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Mbok Yem justru membuka warung makannya di tempat dengan ketinggian 3.265 mdpl atau hanya selisih 115 mdpl dari puncak Gunung Lawu. Warung Mbok Yem memang hanya berdinding kayu tanpa hiasan atau cat dinding berwarna, namun warung ini bisa menjadi semacam oase bagi pendaki gunung Lawu, karena dengan adanya warung makan Mbok Yem, para pendaki tanpa kesulitan lagi jika kehabisan bekal.
Mbok Yem Pemilik Warung Makan Tertinggi di Indonessia
Mbok Yem bahkan akan tetap berjualan selama fisiknya masih kuat, wanita berumur 60 tahun asli Magelang ini memang sudah berniat mencari nafkah di Gunung Lawu meski bukan hal yang mudah untuk tinggal di gunung dengan ketinggian yang ekstrim ini. Pasalnya, selain meyimpan mitos mistis, gunung ini juga memiliki cuaca yang sangat beresiko bagi kesehatan. Selain angin kencang, pada malam hari suhu udara di puncak bisa mencapai minus 5 derajat. Akses menuju warung Mbok Yem membutuhkan waktu pendakian sekitar 6 sampai 7 jam lewat Candhi Cetho, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Bahkan demi totalitas pekerjaannya Mbok Yem rela pulang kampung setahun sekali pada momen lebaran. Dalam sehari Mbok Yem bisa melayani 200 hingga 300 orang pendaki. Pada momen perayaan 17 Agustus dan bulan Suro, para pendaki Gunung Lawu akan membeludak sehingga warungnya kebanjiran pembeli. Makanan yang dijual pun sangat murah murah, hanya berkisar Rp 10.000 saja.

Warung Mbok Yem menyediakan menu makanan seperti nasi pecel, nasi goreng, gorengan, mie instan dan menu soto yang khusus pada bulan suro saja. Selain itu juga ada berbagai minuman hangat untuk para pendaki. Warung ini juga dinobatkan sebagai warung tertinggi di Indonesia lho!

Sudah siap untuk merasakan sensasi nasi pecel Mbok Yem pada ketinggian 3.265 diatas permukaan laut?

Click to comment