8 Menu Buka Puasa yang Selalu Ada Dibulan Ramadhan, dan Menjadi Ciri Khas di Berbagai Negara

Kulinerasik.com - Memasuki Bulan Suci Ramadan, umat muslim menyambut dengan suka cita. Pasalnya bulan yang dimuliakan dari bulan lainnya ini, nilai ibadah kita akan dilipat gandakan pahalanya. Selain itu momen yang banyak ditunggu umat muslim adalah momen berbuka puasa. Karena kita bisa menikmati hidangan-hidangan lezat yang telah disediakan di rumah.

Begitu pula setiap negara, mempunyai tradisi unik yang berbeda kala berbuka puasa. Setiap negara punya hidangan kuliner khas bulan Ramadan yang disajikan untuk melengkapi menu buka puasa. Berikut ini adalah 8 kuliner khas selama Bulan Ramadhan di berbagai negara.

1. Arab Saudi
Buah Kurma
Buah Kurma selalu ada sebagai hidangan buka puasa maupun untuk sahur, karena selain disunahkan mengkonsumsi buah kurma juga baik untuk kesehatan lho. Di Indonesia makanan ini selalu hadir selama bulan puasa hingga lebaran. Sesuai sunnah Rasulullah SAW, memakan kurma dengan jumlah ganjil disarankan untuk berbuka puasa. Itulah yang sampai sekarang menjadi tradisi penduduk Arab Saudi.

2. Turki
Gulllac
Di negara Eropa Timur ini makanan khas Gullac selalu tersaji selama Ramadhan. Di Turki Gullac adalah sejenis makanan yang terbuat dari tepung maizena, terigu, dan susu dab biasa. Gullac dibuat dari lembaran pastry yang di atasnya ditaburi buah delima. Kue tradisional ini sudah ada sejak dulu dan bertahan hingga sekarang.

3. Indonesia
Kolak Pisang
Sedangkan di Indonesia sendiri, aneka jenis kolak menjadi hidangan yang paling diburu saat buka puasa. Banyak takjil yang selalu menyertakan hidangan ini, mulai dari kolak pisang, kolak ubi, atau kolak labu. Kolak memang hidangan buka puasa yang paling popular di seluruh Nusantara.

4. Jerman
Qata'ef
Qata'ef adalah kue kering yang direndam sirup gula, makanan ini selalu ditunggu umat Muslim di Jerman saat waktu berbuka puasa. Qata'ef berisi keju manis dan kacang-kacangan. Rasanya yang manis membuat makanan ini cocok untuk menu buka puasa.

5. Maroko
Harira
Harira adalah makanan sejenis sup kental yang berisi campuran beras, kacang, daging sapi, dan buncis. Dan telah menjadi ciri khas di Maroko untuk menu buka buasa. Rasanya semakin kuat karena dimasak dengan bumbu-bumbu rempah seperti kunyit dan jahe.

6. Aljazair
Chekchouka
Chekchouka adalah makanan pokok dari Afrika Utara yang menjadi sajian yang paling sering disantap oleh penduduk Aljazair selama Ramadhan. Chekchouka terbuat dari bahan utama telur rebus dicampur saus tomat, cabai, dan bawang, kemudian dibumbui dengan jintan. Rasanya memang khas banget dengan nuansa Afrika.

7. Mesir
Mahshi
Sumsum, zucchini, atau mahshi menjadi hidangan favorit untuk buka puasa di negeri piramid ini. Mahshi adalah sajian sayuran yang kaya rempah dan disantap dengan campuran nasi. Mahshi biasanya dijadikan makanan utama atau sebagai makanan pendamping, bahannya terbuat dari labu squash.

8. Malaysia
Bubur Lambuk
Hidangan bubur lambuk adalah bubur khas Malaysia yang terbuat dari campuran sayur, rempah-rempah, ayam atau daging sapi, dan sereh. Bubur lambuk ini sangat enak dinikmati selagi hangat. Penduduk Malaysia menjadikan makanan ini sebagai menu buka puasa selama bulan Ramadhan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel