Pesona Waduk Sermo Kulon Progo, Keindahan di Balik Bukit Menoreh


Kulinerasik.com - Lokasinya berada di sebelah barat Kota Wates yang masih merupakan Kawasan Bukit Menoreh, yakni di Dusun Sermo, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakatra. Akses ke tempat ini tidak terlalu sulit yakni dari kota Wates ke utara melalui arah menuju RSUD Wates kemudian ikuti saja jalan utama tersebut sampai ke waduk sermo, atau bisa menggunakan kendaraan umum yang rute ke arah waduk tersebut.
Waduk Sermo Kulon Progo
Awal mulanya waduk ini merupakan penyuplai air bagi pertanian wilayah sekitar, kemudian sekaligus dikembangkan sebagai tempat wisata. Waduk ini dibangun mulai 1 Maret 1994 dan selesai pada bulan Oktober 1996 serta diresmikan oleh Presiden Soeharto. Area seluas 157 ha ini dulunya sebagaian adalah pemukiman penduduk sebanyak 107 KK. Jadi sebelum pembangunan ini dikerjakan pihak Pemda Kulon Progo harus mentrasmigrasikan ke 107 keluarga tersebut ke Bengkulu dan Riau. Adapun biaya pembanguan ini mencapai kurang lebih Rp. 22 milyar.

Waduk ini mampu menampung 25 juta meter kubik, dengan dimensi ukuran waduk lebar atas 8 meter, lebar bawah 250 meter, panjang 190 meter dan tinggi bendungan 56 meter. Dan untuk memenuhi isi waduk air yangh diambil adalah dengan cara membendung Kali Ngrancah.

Pengunjung dapat menikmati sekeliling waduk ini dengan menggunakan kapal motor atau berkeliling melalui jalan aspal disekeliling waduk. Atau yang hobi memancing bisa mencari tempat yang cocok untuk mulai memasang umpan pada mata kailnya. Ataupun hanya mau sekedar menikmati pemandangan alam, anda bisa menaiki gardu pandang yang ada disekitar waduk. Untuk menjaga keselamatan dan antisipasi bila terjadi sesuatu pihak pengelola menyiapkan personil SAR yang siap sedia jika terjadi sesuatu.

Tentunya ini dapat menambah kenyamanan para pengunjung dalam menikmati kawasan waduk ini. Masyarakat sekitar juga ada yang menggunakan waduk ini sebagai tempat membangun keramba dan juga rumah apung yang dapat digunakan untuk sekedar makan bersama ditengah waduk.

Untuk menikmati keindahan waduk ini pengunjung dikenakan biaya Rp. 5.000 per orang belum termasuk parkir kendaraan dan fasilitasnya. Dalam sebulan sekali di waduk sermo juga diadakan penampilan Tari Jathilan. Tarian khas Kulon Progo yang saat ini sudah jarang sekali yang memainkan.

Click to comment