Mengunjungi Museum Batik Danar Hadi, Hasil Karya Batik Kuno Terbaik di Solo


Kulinerasik.com - Museum Batik Danar Hadi terletak di Jalan Slamet Riyadi 261-263 Surakarta. Batik merupakan hasil karya seni dan budaya terbaik bangsa Indonesia, sehingga mendorong Haji Santoso Doellah pemilik usaha batik Danar Hadi mengumpulkan koleksi batik dalam dan luar negeri dari Batik Kraton, Batik Belanda hingga Batik Tiga Negeri. Sampai sekarang Haji Santoso Doellah berhasil mengkoleksi lebih dari 10.000 potong batik kuno dalam kurun waktu 30 tahun. Yang diantaranya didapat dari Museum Troupen di Belanda.
Museum Batik Danar Hadi
Batik- batik yang didapat dibuat dengan tahun pembuatan berkisar antara tahun 1840-1910, dari hasil koleksinya tersebut diantaranya di pamerkan di Museum Danar Hadi. Anda akan diberikan pengetahuan tentang batik–batik kuno dengan motif-motif yang pernah dipakai oleh para raja.
Salah Satu Koleksi Museum Batik Danar Hadi 
Memasuki ruang galeri pertama, terdapat koleksi batik dari Belanda. Batik Belanda disini sebagian besar berbentuk sarung dengan motif bunga dan kupu-kupu dengan dominasi warna cerah, disini anda juga bisa melihat foto kuno yang memamerkan orang- orang belanda yang mengenakan batik. Di ruang galeri kedua terdapat batik keraton kuno, sebagian batik kraton tersebut langsung didapat dari empat kraton yang ada di Solo dan Yogyakarta, mulai dari kraton Surakarta, kraton Yogyakarta, kraton Pakualaman dan kraton Mangkunegaran.

Disini anda juga akan menemukan keindahan dari koleksi batik Pura Mangkunegaran yang dibuat oleh Nyai Merdusari. Yang merupakan selir dan terkenal sebagai penyinden dan pembatik. Karya batik Nyai Merdusari diantaranya Bogas Pakis, ada juga batik karya Kray Mangunkusumo Gragah Wuluh dan sejumlah kain batik dari kraton Yogyakarta seperti kain kemben Liris. Terdapat juga koleksi dari beliau Sri Sultan Hamengku Buwono VII dan juga batik Lereng Huk dari Pakualaman.

Ada juga batik yang disebut batik tiga negeri, ternyata batik tiga negeri merupakan perpaudan dari warna merah, biru dan coklat yang proses pewarnaannya dibuat ditiga daerah yaitu Pekalongan, Lasem dan Solo, dari proses pembuatanya itu disebut batik Tiga Negeri. Masih banyak koleksi batik yang bisa anda lihat dimuseum ini, seperti batik China, batik Petani, batik kontemporer dan masih banyak yang lainnya. Dan bisa anda lihat langsung jika berkunjung kemuseum ini.

Untuk mengenal dan melestarikan Karya Batik di Indonesia, kamu bisa berkunjung ke Museum Batik Danar Hadi ini. Jika berlibur ke Surakarta sempatkan waktu anda untuk berkunjung museum ini untuk menambah wawasan tentang seni batik.

Biaya masuk museum ini dikenakan Rp. 35.000 per orang untuk umum, dan Rp. 8.000 untuk mahasiswa dan pelajar, dan anak- anak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel