Menelisik Sejarah di Museum Radya Pustaka, Salah Satu Museum Tertua di Indonesia


Kulinerasik.com - Terletak di Jalan Slamet Riyadi, Kompleks Sriwedari atau tepat dijantung Kota Surakarta. Museum Radya Pustaka adalah salah satu museum tertua di Indonesia, museum ini berdiri pada tanggal 28 Oktober 1890. Ditempat ini ada sebuah patung Ranggawarsito, yakni tokoh yang disegani masyarakat Jawa, patung ini diresmikan langsung oleh Bung Karno pada tanggal 11 November 1953.
Museum Radya Pustaka, Museum Tertua di Indonesia
Dengan berkunjung di Museum Radya Pustaka ini, anda bisa banyak memepelajari sejarah bangsa ini. Banyak benda-benda sejarah yang berada dimuseum ini, mulai dari wayang kulit, wayang bebet, arca batu dan arca perunggu dari jaman Hindu dan Budha. Koleksi keris kuno, senjata teradisional, buku-buku kuno, seperangkat gamelan tempo dulu, koleksi keramik, dan barang sejarah lainnya yang mempunyai nilai budaya yang tinggi.
Salah Satu Koleksi di Museum Radya Pustaka
Konsep bangunan museum Radya Pustaka terdiri dari beberapa ruangan utama. Anda akan menemukan koleksi  perwayangan , mulai dari wayang purwo, wayang gedhog, wayang golek, wayang krucil dan wayang topeng. Anda juga akan menemukan beberapa senjata seperti meriam yang berukuran mini, dan patung yang terbuat dari kayu. Dimuseum ini juga terdapat sebuah ruangan miniatur, anda bisa menemukan  miniatur Masjid Demak dan miniatur makam Raja-raja Mataram Imogiri.

Didalam museum terdapat perpustakaan, dan perpustakaan di museum ini sudah mempunyai koleksi buku kuno kurang lebih sebanyak 2000 biji, buku yang berada di museum ini kebanyakaan adalah sumbangan dari donator-donator. Anda bisa belajar tentang lebih banyak sejarah di museum ini.

Jangan kaget jika dimuseum ini kamu mencium bau menyan dan dupa di ruangan yang terdapat benda bersejarah yang bernama Kyai Rajamalan. Kyai Rajamalan diyakini penunggu museum Radya Pustaka, dari pendapat tersebut dimalam-malam tertentu benda yang  merupakan bagian dari hiasan kapal ini diberi menyan dan dupa, agar tidak menggangu pengunjung yang datang dimuseum ini.

Museum Radya Pustaka buka hari Selasa-Minggu pukul 08.00-14.00 WIB, untuk masuk kedalam museum ini anda akan dikendakan biaya Rp. 5.000 per orang. Jika anda sedang berlibur didaerah Surakarta dan Yogyakarta, tidak ada salahnya jika anda berkunjung ke Museum ini untuk melihat benda-benda bersejarah di Indonesia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel