Intip Bisnis Kuliner Martabak ala Gibran Rakabuming, Putera Sulung Jokowi


Kulinerasik.com - Presiden Joko Widodo dulu adalah seorang pengusaha sebelum terjun kedunia politik. Tak heran sekarang anaknya juga mengikuti jejak bapaknya untuk terjun kedunia bisnis. Salah satunya adalah Gibran Rakabuming Raka yang merintis usaha kuliner martabak yang dinamai Markobar. Markobar sendiri merupakan singkatan dari nama tempat di Solo, yakni Martabak Kota Barat. Dan menu yang di sajikan Markobar adalah martabak dengan beraneka ragam topping, mulai dari topping ceres, kraft, oreo, delfi, kitkat greentea, ovomaltine, dan masih banyak lagi. Harga yang ditawarkan pun bermacam-macam, mulai Rp 40.000 hingga Rp 120.000.
Gibran Rakabuming Raka, Putera Sulung Jokowi
Pria kelahiran Solo, 1 Oktober 1987 ini sudah buka usaha kuliner sejak tahun 2010, untuk melebarkan sayap bisnisnya dibidang kuliner tradisional. Gibran juga menjalin kerja sama dengan Arif Setyobudi yang sudah menjalankan bisnis martabak sejak 1996. Dan pada tahun 2014, Markobar muncul menjadi salah satu nama kuliner baru favorit dengan menu andalannya. Saat ini Markobar sudah memiliki cabang hampir di seluruh Indonesia.
Salah Satu Menu Topping Andalan Markobar
Markobar menjadi hits di media sosial, karena konsep kulinernya yang sederhana yakni martabak dengan beragam topping. Awal berdirinya Markobar berada di Solo dan Jakarta, namun sekarang Markobar udah tersebar di 16 kota, yaitu Yogyakarta, Bandung, Semarang, Medan, Malang, Palembang, Balikpapan, Banjarmasin, Makassar dan Manado. Rata-rata omzet per outlet mencapai Rp 2 juta sampai Rp 5 juta per hari. Jumlah martabak yang laku per hari rata-rata mencapai 50 loyang lebih.

Sampai saat ini, Markobar telah sukses mendirikan 26 cabang di 16 kota besar yang ada di Indonesia. Bahkan rencanaya Markobar juga akan buka cabang di Filipina lho!

Click to comment