6 Makanan Ini Dapat Menurunkan Kolesterol Jahat Lho! Kamu Harus Tahu


Kulinerasik.com - Bagi sebagian orang memang sangat takut mengkonsumsi makanan yang mempunyai kandungan kolesterol tinggi. Jika tidak segera dicegah kolesterol yang terlampau tinggi bisa membuat stroke hingga serangan jantung.

Apa Itu Kolesterol?

Kolesterol adalah rangkaian molekul lipid yang terdapat di dalam darah, baik itu kolesterol baik ataupun kolesterol jahat. Kolesterol sendiri berfungsi untuk mencerna makanan, memproduksi hormon, serta menghasilakn vitamin D.
Jangan khawatir sobat! untuk mengurangi risiko kolestorel yang terlalu tinggi sebaiknya mulai sekarang perbanyak mengonsumsi makanan-makanan penurun kolesterol yang efektif ini, apa saja itu? Simak yuk ulasannya!

1. Ikan Salmon
Ikan Salmon
Didalam ikan salmon terdapat kandungan omega-3 yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida serta meningkatkan produksi kolesterol baik (HDL).  Omega-3 dalam ikan salmon juga mengandung EPA dan DHA yang sangat baik bagi kesehatan dan fungsi kerja organ jantung.
Mengonsumsi ikan salmon, ikan tuna, sarden, atau makarel, minimal 2 porsi dalam satu minggu bisa bermanfaat bagi tubuh untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

2. Buah-buahan
Buah-buahan Agak Asam
Buah-buahan yang sedikit asam dan berair sangat baik menurunkan kolesterol jahat (LDL). Buah-buahan seperti jeruk, anggur, dan beri mengandung senyawa pektin, yang merupakan serat larut untuk mencegah kolesterol jahat.
Serat larut berfungsi untuk menjaga sistem sirkulasi darah tetap steril dari LDL. Konsumsi buah-buahan sedikit asam tersebut sesekali waktu untuk menjaga agar darah mengalir dengan lancar.

3. Minyak Zaitun
Minyak Zaitun
Minyak zaitun juga termasuk makanan penurun kolesterol yang bisa dikonsumsi. Karena minyak zaitun kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal dan vitamin E. Nutrisi yang terkandung dalam minyak zaitun ini dapat menurunkan kolesterol atau lemak jahat (LDL), dan menaikkan kolesterol alias lemak baik (HDL). Cara mengkonsumsinya pun cukup mudah, cukup mencampurkan 2 sendok minyak zaitun dan buah zaitun pada salad, atau juga bisa menggoreng dan menumis makanan menggunakan minyak dari buah zaitun.

4. Oatmeal
Oatmeal
Selain sebagai makanan diet, oatmeal juga termasuk makanan penurun kolesterol yang efektif. Oatmeal juga baik untuk kesehatan karena mengandung serat larut yang dapat menurunkan kadar LDL pada tubuh. Sedangkan serat pada oatmeal dapat mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah. Cara terbaik menurunkan kolesterol dengan oatmeal adalah mengonsumsi 10 gram serat tiap harinya. Pasalnya kandungan oatmeal dapat mengurangi total kolesterol, termasuk kolesterol jahat.

5. Kacang Kedelai
Kacang Kedelai
Kacang kedelai mengandung mengandung zat isoflavon, zat yang berfungsi sebagai zat yang dapat menekan kolesterol jahat (LDL) agar tidak berkembang lebih banyak di aliran darah. Cara terbaik mengkonsumsi kacang kedelai sebagai penurun kolesterol adalah hindari memasak atau menambahkan minyak goreng biasa. Agar lebih sehat, tukar minyak goreng biasa dengan minyak zaitun. Disarankan untuk mengonsumsi sedikitnya 25 gram protein kedelai per hari sebagai makanan penurun kolesterol.

6. Kacang-kacangan
Kacang Merah
Makanan yang satu ini bisa dijadi makanan penurun kolesterol yang lezat. Pasalnya kandungan serat larut yang tinggi pada kacang juga dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat. Cara mengkonsumsinya juga mudah, cukup konsumsi kacang merah, kacang panjang, atau buncis secara teratur selama 6 minggu, agar dapat menurunkan kolesterol hingga 10 persen.

Kacang-kacangan seperti lentil, buncis, kacang merah juga merupakan tambahan vitamin yang bagus untuk diet karena membantu mengurangi trigliserida, lemak darah, yang berkaitan dengan penyakit jantung.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel