Wisata Air Terjun Pantai Jogan, Nikmati Kesegaran Mata Air Bukit Karst


Kulinerasik.com - Wisata air terjun jogan terdapat di pantai Jogan sekitar 200 meter dari pantai Siung atau berada di Desa Purwodadi Kecamatan Tepus, Wonosari Gunungkidul. Untuk membahas pantai di selatan Kabupaten Gunung kidul tidak akan ada habisnya karena keberadaan pantai di Gunungkidul ini sangatlah banyak dan semuanya menawarkan kelebihannya masing masing dan memang hampir semuanya mempunyai karakteristik sendiri sendiri. Namun ada satu lokasi yang membuat decak kagum disamping keberadaan pantai itu sendiri yakni Air Terjun Pantai Jogan.
Wisata Air Terjun Pantai Jogan, Nikmati Kesegaran Mata Air Bukit Karst
Hal ini unik karena sangat jarang keberadaan air terjun di kawasan pantai yang lebih sering adalah dikawasan pegunungan. Ada beberapa air terjun yang berada dikawasan pantai selain air terjun pantai Jogan yakni air terjun Parangtritis atau Parangendog di kawasan Pantai Parangtritis Kabupaten Bantul.

Wisata air terjun ini mempunyai ketinggian yang cukup tinggi yakni sekitar 10 meter sehingga memberikan suatu pemandangan yang sungguh elok untuk dilewatkan. Sedangkan mata air yang mengalir ke air terjun ini merupakan mata air dari bukit karst yang sangat banyak diwilayah ini. Aliran air terjun ini langsung menyatu dengan air laut yang setiap saat menerjang batu karang yang berada dibawah air terjun tersebut karena jarak bebatuan karang tersebut tidak jauh dari bibir pantai.

Lokasi wisata ini juga merupakan tempat terbaik untuk berburu foto karena memiliki spot yang bagus, terutama jika anda bisa menaiki bukit pada air terjun tersebut. Untuk mendaki bukit tersebut anda harus melewati jalan setapak yang jika musim penghujan tanak di jalan tersebut menjadi becek. Dari atas bukit tersebut sangatlah menakjubkan dengan hamparan pantai yang sangat luas, dan dapat memandang sebuah bukit sebagai batas antara pantai siung dan pantai jogan. Dan jika anda menengok kesebelah timur maka anda akan mendapatkan area memancing yang sering digunakan oleh para wisatawan yang ingin refreshing dengan kegiatan tersebut sambil menikmati deburan ombak.

Terdapat beberapa spot foto yang dapat diambil dari tempat ini sehingga tidak jarang menggunakan tempat ini sebagai satu lokasi dalam penmgambilan gambar Pre Wedding. Nuansa sore juga sangat bagus ditempat ini dengan keindahan sunset yang memukau dengan kilauan mentari senja diufuk barat yang akan sangat sayang jika tidak diabadikan dengan kamera anda.

Pengunjung dii tempat wisata ini memang belum sebanyak pantai lain dikawasan gunung kidul ini, namun kedepan jika prasarana dan sarana sudah lebih baik maka tak ayal kawasan ini akan menjadi tujuan utama bagi wisatawan yang ingin menikmati dua tempat menakjubkan sekaligus dalam satu tempat saja.

Tiket masuk kawasan Pantai Siung, Jogan, dan Nglambor Rp. 10.000 sedangkan untuk parkir sepeda motor Rp. 3.000, mobil Rp. 5.000 dan Bus Rp. 20.000. Buka tiap hari senin-minggu.

Click to comment