Tugu Muda Semarang, Simbol Bersejarah Mengenang Pertempuran Lima Hari di Semarang


Kulinerasik.com - Berfoto selfie dan duduk santai dihalaman tugu muda, itulah yang dilakukan wisatawan saat berkunjung ke tugu muda Semarang. Terasa kurang jika berkunjung ke kota Semarang tidak mampir ketempat ini, disekitar tugu muda ini anda bisa sekaligus berkunjung ke lawang sewu yang kental akan mitos dan sejarahnya, anda juga bisa melihat belajar dimuseum manggala bakti. Tugu muda sendiri merupakan tugu yang dipergunakan untuk memperingati pertempuran lima hari di Semarang  pada tanggal 28 Oktober 1945.
Tugu Muda Semarang
Tugu muda semarang sendiri didesain oleh Salim dan relief yang terdapat pada tugu muda dikerjakan oleh seniman Hendro, dengan peletakan batu pertama pada tanggal 10 November tahun 1951 oleh Gubernur Jateng Boediono, dengan batu yang didatangkan dari kaliurang dan parker, dan museum ini baru diresmikan bertepatan dengan hari kebangkitan nasional pada tanggal 20 Mei 1953 yang diresmikan oleh Bapak Ir. Soekarno. Bangunan tugu muda berbentuk segi lima dengan tiga bagian, landasan, badan dan kepala tugu. Tak jarang tugu muda dan kawasan tugu muda sering digunakan sebagai obyek fotografi bagi wisatawan, warga Semarang sendiri maupun mahasiswa dari berbagai universitas yang ada di Semarang.

Tugu muda dikelilingi sebuah kolam dengan air pancur yang mengelilinganya, banyak muda mudi sering berkumpul di tugu muda hanya sekedar untuk berolahraga lari-lari kecil,  bersama teman, karena lokasi tugu muda sangat asri dan penuh dengan taman bunga. Berkumpul dan bercanda tawa dan berfoto dengan background tugu muda. Bagi anda yang sedang berkunjung ke kota Semarang tidak ada salahnya untuk sejenak berfoto selfie dan beristirahat di tugu muda Semarang, untuk menambah pengalaman baru anda tentang monumen, tugu dan bangunan bersejarah di Indonesia. Tidak dikenakan biaya apapun untuk berfoto dan masuk kewilayah tugu muda ini. Setelah berkunjung ke kota tua Semarang, disana anda akan terpuaskan dengan arsitek-arsitek kuno dan berbagai macam keindahan didalamnya.

Click to comment