Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Situs Warungboto, Bangunan Pesanggrahan Peninggalan Sri Sultan Hamengku Buwono II


Kulinerasik.com - Lokasinya terletak dipinggir kota Yogyakarta, tepatnya di Jalan Veteran sebelah barat Kebun Binatang Gembira Loka. Akses menuju tempat ini ada beberapa alternatif jalan, lewat sisi utara dari pusat kota kearah timur sampai Pabrik Susu Sarihusada atau perempatan SGM keselatan, sebelum perempatan sebelah kiri jalan di situlah situs ini terletak. Jika lewat jalur selatan bisa lewat bekas terminal bus Umbulharjo ke timur perempatan belok ke kiri sampailah ditempat yang dituju.
Situs Warungboto, Bangunan Pesanggrahan Peninggalan Sri Sultan Hamengku Buwono II
Situs Warunboto ini dibangun sekitar tahun 1800 an oleh Sultan Hamengku Buwono II, dan disebut kan bahwa pesanggrahan ini bernama Pesanggrahan Rejowinangun. Bangunan pesanggrahan ini terdiri dari dua lantai, yakni yang satu yang menjadi ciri khas bangunan-bangunan pesanggrahan yakni satu lantai berada di bawah tanah. Kalau dilihat dari lantai atas bangunan ini tidak begitu nampak karena sudah banyak mengalami kerusakan yang disebabkan usia bangunan. Namun jika kita melihat dibagian bangunan bawah tanahnya masih sangatlah menakjubkan dan terlihat masih sangat kokoh. Untuk memasuki bangunan bawah tanah kita bisa melalui lorong kecil yang ada di sebelah kiri. Bangunan yang berada dibawah tanah ini terdapat taman yang dilengkapi dengan kolam. Terdapat 2 kolam yang pertama kolam berbentuk lingkaran dengan diameter 4,5 m dan tepat ditengahnya terdapat air mancurnya sedangkan kolam yang kedua berbentuk bujursangkar berukuran 10 x 4 meter, kedua kolam tersebut saling terhubung ditandai dengan adanya lobang saluran yang terlihat.

Kemudian disisi utara dan selatan kolam terdapat pintu yang menghubungkan dengan bagian ruang yang lain, sesdangkan disebelah timur terdapat tiga jendela dengan bentuk satu kotak dan dua lengkung pada bagian atasnya. Dibagian barat kolam ada satu pintu berbentuk lengkung atasnya menghubungkan dengan 2 pintu lengkung yang lain yang dilengkapi dengan beberapa anak tangga yang menghubungkan dengan lantai diatasnya.
Kalau dilihat secara struktur bangunan ini hampir sama dengan situs Goa Siluman atau Tamansari, kondisi yang tidak terpelihara sebagai salah satu faktor rusaknya situs ini dan situ Pesanggrahan Goa Siluman di Wonocatur.

Jika berkunjung ke tempat ini tidak dikenakan biaya tiket masuk, jika anda beruntung bisa menemui penjaga situs ini anda bisa mendapatkan keterangan lebih mendetail, termasuk fungsi dari masing masing bangunan yang ada.

Posting Komentar untuk "Situs Warungboto, Bangunan Pesanggrahan Peninggalan Sri Sultan Hamengku Buwono II"