Keindahan Goa Gajah dengan Pesona Lorongnya


Kulinerasik.com - Wisata Goa Gajah, tentunya kamu membayangkan bentuk goa yang seperti salah satu binatang yang berbadan besar tersebut. Namun jangan salah dinamakan goa gajah dikarenakan adanya gumpalan batu yang menyerupai gajah yang berada di dalam goa. Wisata Goa ini terletak di Dusun Lemahbang, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul kurang lebih 21 kilometer dari kota Bantul. Ada dua jalur rute ke lokasi yakni lewat Imogiri, yakni dari pertigaan sebelum ke area makam raja-raja imogiri ambil arah kekanan ke arah Dlingo atau Pathuk yakni pasar pathuk ikuti jalan menuju Dlingo hingga menuju Desa Mangunan.
Keindahan Goa Gajah dengan Pesona Lorongnya
Walaupun fasilitas sarana jalan utama sudah bagus berupa aspal rute hotmix, namun anda tetap perlu hati-hati karena kedua rute cukup banyak turunan jalan maupun tanjakan yang tajam dan berkelok-kelok. Hanya sedikit jalan yang berupa tanah kurang lebih 950 meter.
Wisata goa gajah ini merupakan goa horisontal dengan kedalaman kurang lebih 200 meter. Goa ini belum banyak di kunjungi ataupun difungsikan secara maksimal sebagai tempat wisata kondisinya masih sangat alami belum terkomersilkan, mudah dijangkau dan pemandangan yang indah. Kondisi tersebut membuat goa ini masih banyak ditemui kelelawar dan air yang menetes sehingga membuat dasar goa cukup licin untuk dilewati, diharapkan berhati hati jika memasuki  goa ini.

Beberapa peralatan yang mungkin perlu anda persiapkan adalah lampu senter atau penerangan, serta bagi yang tidak kuat dengan bau kotoran kelelawar yang banyak menghuni goa ini, bisa mempersiapkan masker  atau penutup hidung agar nyaman dalam menikmati kedalaman goa. Kotoran kelelawar ini banyak dipergunakan warga sekitar sebagai pupuk tanaman, sehingga didalam gua banyak lubang lobang kecil yang di buat oleh warga karena mengambil kotoran kelelawar tersebut.

Goa Gajah terdiri dari beberapa ruangan dan lorong dengan berbagai ukuran, ada lorong sempit dengan ketinggian 50 cm dan panjang kira kira 5-6 meter, kemudian dapat kita temui juga salah satu dinding yang bertekstur halus, seperti dinding batu. Kemudian ada salah satu ruang yang cukup pendek jadi perlu hati-hati agar tidak kebentur. Diruangan lain ada satu tempat yang suasananya sangat sepi cocok sebagai tempat meditasi. Tiap ruangan dalam goa dipisahkan oleh gerbang dengan ketinggian sekitar 50 cm sampai dengan 100 cm setelah itu baru dijumpai ruangan yang luas. Bagian belakang goa yang merupakan pintu keluar inilah dulunya yang merupkan letak dari batu yang seukuran dengan gajah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel