5 Kuliner Asik Asli Jawa Tengah yang Mak Nyus Banget!

Kulinerasik.com - Kabupaten Jawa Tengah populer dengan destinasi wisata dan adat kebudayaannya yang masih kental banget. Banyak tempat wisatanya yang sangat terkenal, antara lain adalah Candi Borobudur yang merupakan candi terbesar di dunia dan Candi Prambanan yang sering dijadikan lokasi acara- acara besar seperti konser musik taraf Internasional.

Selain itu wisata kuliner asli Jawa Tengah pun banyak digemari baik untuk wisatawan lokal maupun luar negeri. Apa saja 5 kuliner asik asli Jawa Tengah yang mak nyus banget, simak yuk ulasannya!

1. Nasi Gandul Pati
Nasi Gandul Pati
Kabupaten Pati juga punya kuliner asik yang harus kamu coba, nama kulinernya adalah nasi gandul. Dan merupakan makanan yang berupa nasi putih dan disajikan dengan daging sapi beserta jeroannya ditambah kuah kaldu dan santan encer. Warnanya coklat encer dipadu dengan aroma rempah-rempah yang khas banget. Disebut dengan gandul atau gantung karena dulunya makanan ini dijual dengan cara dipanggul atau digantung pada bambu.

2. Tahu Gimbal Semarang
Tahu Gimbal Semarang
Kuliner tahu gimbal asli Kota Semarang ini menggunakan tahu sebagai bahan utamanya, dan hampi mirip dengan kuliner gado-gado tapi lebih komplit. Tahu gimbal juga dilengkapi dengan gimbal yang merupakan udang goreng, ditambah dengan irisan kol mentah, tauge, telur dan disiram dengan bumbu kacang. Buat kamu yang pengen mencicipi nikmatnya tahu gimbal bisa mampir di Warung Pak Edi jalan Pahlawan yang lokasinya tak jauh dari Simpang lima.

3. Sup Senerek Magelang
Sup Senerek Magelang
Sup asli dari Magelang ini memang enak banget, apalagi disantap pada malam hari yang berhawa dingin. Sup senerek merupakan sup terdiri dari beragam sayuran dan daging dengan ciri kuahnya yang bening namun kaya akan bumbu rempah-rempahnya khas Indonesia. Sup senerek sendiri telah ada sejak zaman Belanda dan cukup populer pada saat itu. Buat kamu yang ingin mencicipi kuliner asik satu ini silahkan mampir ke Warung Bu Atmo yang terletak di jalan Mangkubumi Magelang.
4. Nasi Grombyang Pemalang
Nasi Grombyang Pemalang
Nasi grombyang termasuk kuliner yang lebih mirip soto atau rawon, namun kuahnya berwarna coklat keruh. Dijuluki dengan grombyang, karena isi dari sajian kuliner ini lebih sedikit ketimbang kuahnya. Yang membedakan nasi grombyang dengan soto adalah pada irisan dagingnya yang lebih besar dan rasanya yang tajam akan bumbu rempah-rempah khas Nusantara.

5. Es Dawet Ireng Purworejo
Es Dawet Purworejo
Menikmati kuliner asik di Jawa Tengah pas banget rasanya dilengkapi dengan minum es dawet segar. Di Purworejo terdapat es dawet ireng yang sangat enak, kalau pada umumnya es dawet berwarna hijau, namun di sini menjadi warna hitam pekat. Warna hitam yang dihasilkan adalah warna alami dari abu bakar jerami untuk membuat cendol. Es dawet ireng sangat enak diminum saat cuaca panas, terasalebih segar.

Jangan lupa untuk mencoba salah satu dari 5 kuliner asik asli Jawa Tengah yang Mak nyus banget ya!

Click to comment