Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

√ Pelajari Cara Mengkonsumsi Kelor Agar Bermanfaat bagi Tubuh Kita



Daun Kelor
Kulinerasik.com - Daun Kelor atau dalam bahasa latin dikenal dengan nama Moringa oleifera adalah tumbuhan yang kaya akan manfaat, dan sudah digunakan nenek moyang kita sejak dahulu kala. Begitu juga dikawasan Benua Eropa, daun kelor sudah dijadikan obat. Bahkan banyak juga diproduksi menjadi obat, parfum atau produk kecantikan.

Semua bagian dari pohon kelor bisa dimanfaatkan. Buah kelor yang disebut kelentang, sering digunakan untuk masakan sayur, sedangkan bunga kelor yang sangat wangi dproduksi untuk pembuatan parfum sejak lama oleh beberapa produk kecantikan, kemudian daunnya memiliki puluhan manfaat kesehatan untuk tubuh.

Kelor juga bisa digunakan sebagai obat kanker, sesuai dengan hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Oncology Letters. Dan penyakit kanker yang dapat diobati secara alami dengan mengkonsumsi kelor, yaitu kanker payudara, kanker paru, dan kanker kulit.

WHO yaitu Organisasi Kesehatan Dunia juga menganjurkan agar anak-anak dan bayi mengkonsumsi daun kelor, karena manfaat tumbuhan kelor dapat mencegah dan meningkatkan kekebalan tubuh pada anak dari gizi buruk, dan sudah dipraktekkan dinegara-negara Afrika yang menjadi langganan masalah gizi buruk, seperti, Somalia, Etiopia, dan Sudan.

Kandungan kelor memiliki antioksidan, protein, karotenoid, potassium, dan senyawa yang mampu menangkal radikal bebas dan menekan pertumbuhan sel kanker.

Tanaman kelor yang kaya vitamin C dan E, juga mampu melindungi tubuh dan memperbaiki jaringan kulit pada wajah, selain untuk terhindar dari masalah jerawat, kelor bisa meghilangkan secara alami flek hitam pada wajah dan bintik-bintik merah, karena kelor dapat berfungsi membersihkan darah kotor.

Meskipun tanaman kelor tidak memiliki unsur merah pada daun, faktanya kelor kaya akan vitamin A, melebihi wortel dan tomat, karena kelor memiliki kandungan vitamin A. Dalam 100 gram daun kelor terdapat kandungan 3390 SI vitamin A.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan C. Gopelan, yang dilakukan di National Institute of Nutrition di Hyberabad, India, bahwa nutrisi di dalam kelor akan semakin tinggi apabila daun kelor dikeringkan dan dibubukkan.

Baca juga :


Sekarang bila kita ingin mengkonsumsi daun kelor,sudah tidak perlu repot lagi, karena kini sudah banyak industri yang menciptakan obat dan produk dari kelor, dalam bentuk teh, kapsul, bubuk, makanan olahan. Apabila ingin memiliki wajah yang bersih, kelor juga bisa menjadi pilihan sebagai masker wajah. Selalu terapkan pola hidup pada keluarga kita, dan jangan lupa untuk mengkonsumsi kelor setiap hari!