Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ayam Rempah Jogja: Menikmati Makanan Khas Jogja Dengan Cara Baru


Sambal Geprek / Resep Sambal Ayam Geprek Bawang Putih Yang Wajib Dicoba Indozone Id Ada banyak
Sambal Geprek / Resep Sambal Ayam Geprek Bawang Putih Yang Wajib Dicoba Indozone Id Ada banyak from berkembangdengancss.blogspot.com

Ayam rempah jogja adalah salah satu kuliner khas Jogja yang memiliki rasa yang unik dan kuat. Makanan ini biasanya disajikan dengan nasi putih dan dibumbui dengan rempah-rempah yang menarik. Ayam rempah jogja biasanya dihidangkan dengan daun salam, daun jeruk, dan sambal. Kuliner ini juga menarik bagi orang yang menyukai makanan pedas. Jika Anda ingin mencoba membuat ayam rempah jogja di rumah, berikut ini adalah resep dan cara membuatnya.

Bahan-Bahan

  • 1 ekor ayam, potong-potong
  • 2 cm jahe, cincang halus
  • 2 cm kencur, cincang halus
  • 2 cm lengkuas, cincang halus
  • 2 cm kunyit, cincang halus
  • 2 cm kayu manis, cincang halus
  • 2 batang serai, cincang halus
  • 1/2 sendok teh lada bubuk
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat

1. Panaskan minyak goreng dalam wajan. Tambahkan ayam, jahe, kencur, lengkuas, kunyit, kayu manis, serai, lada bubuk, dan garam. Aduk rata.

2. Masak dengan api sedang hingga ayam matang. Setelah itu angkat dan sisihkan.

3. Sajikan ayam rempah jogja bersama nasi putih dan sambal.

Kandungan Gizi

Ayam rempah jogja mengandung berbagai macam nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Ayam merupakan sumber protein yang baik dan kaya akan zat besi, vitamin B, dan mineral. Rempah-rempah yang digunakan seperti jahe, kencur, lengkuas, kunyit, dan kayu manis juga kaya akan nutrisi. Mereka mengandung berbagai macam vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk tubuh. Lada bubuk juga mengandung magnesium, kalsium, dan zat besi.

Manfaat

Ayam rempah jogja adalah makanan yang bergizi dan bermanfaat bagi kesehatan. Protein yang terkandung di dalam ayam dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Rempah-rempah yang digunakan juga bermanfaat bagi kesehatan, seperti meningkatkan sistem metabolisme tubuh, mengurangi risiko penyakit jantung, dan meningkatkan kesehatan pencernaan. Lada bubuk juga dapat membantu melawan infeksi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kesimpulan

Ayam rempah jogja adalah salah satu kuliner khas Jogja yang terkenal dengan cita rasa unik dan kuat. Makanan ini mengandung berbagai macam nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh dan sangat bermanfaat bagi kesehatan. Jika Anda tertarik untuk mencoba membuat ayam rempah jogja di rumah, Anda bisa menggunakan resep di atas. Selamat mencoba!


Posting Komentar untuk "Ayam Rempah Jogja: Menikmati Makanan Khas Jogja Dengan Cara Baru"