Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Sederhana Membuat Donat


cara membuat donat
cara membuat donat from elrajab.com

Bahan-bahan yang diperlukan

Untuk membuat donat sederhana, Anda memerlukan bahan-bahan berikut: 500 gram tepung terigu, 1 sdm ragi instan, 100 gram gula pasir, 2 sendok makan minyak goreng, 2 butir telur, dan 1/2 sendok teh garam. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan bahan-bahan lain seperti cokelat, kismis, atau selai sesuai selera.

Langkah-langkah Membuat Donat

1. Campurkan tepung terigu, ragi instan, gula pasir, minyak goreng, telur, dan garam dalam wadah. Aduk semua bahan hingga tercampur rata.

2. Setelah bahan-bahan tercampur rata, Anda bisa menambahkan bahan-bahan lain seperti cokelat, kismis, atau selai sesuai selera. Aduk lagi bahan-bahan tersebut hingga tercampur rata.

3. Ambil sejumput adonan dan bulatkan hingga menjadi sebuah bulatan. Letakkan bulatan adonan di atas alas yang telah diberi sedikit tepung terigu.

4. Setelah semua adonan selesai dibulatkan, Anda bisa menggorengnya dalam minyak panas. Goreng selama sekitar 5 hingga 10 menit atau hingga donat menjadi keemasan.

5. Setelah selesai digoreng, angkat dan tiriskan donat yang telah digoreng di atas tissue. Donat siap dihidangkan.

Kandungan Gizi Donat

Donat mengandung banyak kalori, karena terdiri dari bahan-bahan seperti tepung terigu, gula, minyak, dan telur. Selain itu, donat juga mengandung lemak, protein, karbohidrat, dan zat besi. Donat juga mengandung kadar gula yang tinggi, sehingga tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Kesimpulan

Membuat donat sederhana bukanlah hal yang sulit. Dengan bahan-bahan yang mudah didapat dan langkah-langkah yang mudah dipahami, Anda bisa membuat donat sendiri di rumah. Donat sederhana ini juga mengandung banyak kalori, protein, lemak, karbohidrat, dan zat besi. Namun, karena kandungan gula yang tinggi, maka orang yang menderita diabetes disarankan untuk tidak mengonsumsi donat.


Posting Komentar untuk "Resep Sederhana Membuat Donat"