Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Es Pisang Ijo Palu Butung


Berbagi cerita bersama Malaika Travelindo Kuliner Khas Sulawesi Selatan (Makassar UPG)
Berbagi cerita bersama Malaika Travelindo Kuliner Khas Sulawesi Selatan (Makassar UPG) from blogmalaika.blogspot.com

Es pisang ijo palu butung adalah kue yang terkenal di Indonesia, yang terbuat dari pisang, tepung beras, gula, dan santan. Kue ini memiliki rasa manis yang khas dan sangat disukai oleh banyak orang. Es pisang ijo palu butung ini juga mudah dibuat dan cocok sebagai camilan sehat. Ini adalah cara terbaik untuk menikmati pisang dan menikmati manisnya dengan cara yang sehat. Berikut ini adalah resep es pisang ijo palu butung yang dapat Anda coba.

Bahan-bahan yang diperlukan

Untuk membuat es pisang ijo palu butung, Anda akan membutuhkan: 6 buah pisang matang, 2 cangkir tepung beras, 1 cangkir gula pasir, 1 cangkir santan, dan 2 cangkir air. Pilih pisang yang matang dan sudah berwarna kuning untuk mendapatkan cita rasa terbaik.

Langkah-langkah Membuat Resep Es Pisang Ijo Palu Butung

1. Pertama, parut pisang dengan parutan kasar. Kemudian, masukkan tepung beras, gula pasir, dan santan. Aduk semua bahan hingga merata.

2. Masukkan air dan aduk hingga menjadi adonan yang kental. Jika terlalu kental, tambahkan sedikit air lagi. Jika terlalu encer, tambahkan sedikit tepung beras.

3. Panaskan minyak dalam wajan dan tuang adonan ke dalamnya. Gunakan sendok untuk mengaduk adonan hingga menjadi bentuk bulat. Jangan lupa untuk memutar adonan hingga bagian bawahnya benar-benar matang.

4. Setelah matang, angkat es pisang ijo palu butung dari wajan dan biarkan dingin. Jika Anda ingin menambahkan topping, Anda dapat menaburkan gula atau bubuk coklat di atasnya.

5. Es pisang ijo palu butung siap disajikan. Anda dapat menikmatinya dengan es batu, atau Anda juga dapat menyajikan es pisang ijo palu butung ini dengan susu atau yogurt.

Kandungan Gizi Es Pisang Ijo Palu Butung

Es pisang ijo palu butung memiliki kandungan gizi yang cukup baik. Pisang memiliki kandungan kalori yang rendah, serta kaya akan vitamin B6, B12, C, dan serat. Tepung beras juga memiliki kandungan gizi yang baik, termasuk protein, vitamin B6, dan serat. Santan dan gula pasir juga memiliki kandungan gizi yang baik, termasuk karbohidrat, asam lemak, vitamin, dan mineral. Namun, karena kandungan gula yang tinggi, Anda harus mengonsumsi es pisang ijo palu butung secara bijaksana.

Manfaat Es Pisang Ijo Palu Butung

Es pisang ijo palu butung memiliki banyak manfaat. Pisang mengandung potassium yang dapat menjaga tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung. Tepung beras mengandung protein dan serat yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan. Santan dan gula pasir juga mengandung nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan, seperti karbohidrat, vitamin, dan mineral. Dengan mengonsumsi es pisang ijo palu butung, Anda dapat mendapatkan manfaat dari semua bahan yang digunakan.

Kesimpulan

Es pisang ijo palu butung adalah camilan sehat yang bisa Anda buat di rumah. Kue ini mudah dibuat dan memiliki rasa manis yang khas. Es pisang ijo palu butung juga memiliki kandungan gizi yang baik, seperti kalori rendah, vitamin, dan mineral. Dengan mengonsumsi es pisang ijo palu butung, Anda dapat memanfaatkan semua nutrisi yang terkandung di dalamnya. Selamat mencoba!


Posting Komentar untuk "Resep Es Pisang Ijo Palu Butung"