Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sayur Semur Tahu, Makanan Khas Indonesia Yang Sehat Dan Lezat


Resep Olahan Tahu Cocok untuk Sahur dan Buka Puasa Tagar
Resep Olahan Tahu Cocok untuk Sahur dan Buka Puasa Tagar from www.tagar.id




Sayur Semur Tahu merupakan makanan khas Indonesia yang populer. Makanan ini terbuat dari tahu, sayuran, dan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, dan cabe rawit. Sayur semur tahu baik untuk dimakan sebagai lauk makanan atau sebagai makanan ringan. Makanan ini digemari oleh banyak orang dari berbagai usia karena rasanya yang lezat dan kaya akan nutrisi.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan untuk Membuat Sayur Semur Tahu



Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat sayur semur tahu:
  • 250 gram tahu putih
  • 5 buah cabe rawit merah
  • 3 buah bawang merah
  • 2 buah bawang putih
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh gula pasir
  • 1 sendok makan minyak sayur
  • 200 ml santan kental
  • 200 gram sayuran segar (bayam, wortel, kacang panjang, atau lainnya)

Langkah-langkah Membuat Sayur Semur Tahu

Langkah Pertama: Membuat Bumbu Sayur Semur Tahu



Siapkan bawang merah dan bawang putih. Lalu haluskan bawang merah dan bawang putih. Setelah itu, tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga harum dan berubah warna menjadi agak kecoklatan.

Langkah Kedua: Menumis Sayuran



Setelah bumbu sudah matang, masukkan sayuran yang sudah dipotong-potong ke dalam wajan. Bisa menggunakan bayam, wortel, kacang panjang, atau sayuran lainnya sesuai selera. Masak sayuran hingga layu dan empuk.

Langkah Ketiga: Menumis Tahu



Setelah itu, masukkan tahu yang sudah dipotong dadu ke dalam wajan. Lalu tumis hingga tahu berubah warna menjadi kecoklatan.

Langkah Keempat: Mencampur Semua Bahan



Setelah bumbu, sayuran, dan tahu sudah matang, masukkan semuanya ke dalam panci. Aduk hingga semua bahan tercampur dengan merata. Masukkan garam, gula pasir, dan minyak sayur. Lalu aduk kembali hingga bumbu meresap sempurna.

Langkah Kelima: Menambahkan Santan



Setelah semua bahan tercampur dengan rata, tuangkan santan kental ke dalam panci. Aduk kembali hingga semua bahan tercampur merata. Masak hingga santan mendidih dan mengental.

Langkah Keenam: Menyajikan Sayur Semur Tahu



Setelah semuanya sudah matang, angkat dan sajikan sayur semur tahu. Bisa disajikan dengan nasi putih, roti, atau lainnya. Selamat mencoba!

Kandungan Gizi Sayur Semur Tahu



Sayur semur tahu mengandung beberapa nutrisi penting, seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral. Protein berasal dari tahu dan sayuran, sedangkan lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral berasal dari bumbu dan sayuran. Makanan ini juga rendah kalori, sehingga baik untuk diet dan mengurangi risiko obesitas.

Sayur semur tahu juga kaya akan serat yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan. Serat juga membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, sayur semur tahu juga mengandung berbagai vitamin dan mineral seperti vitamin A, vitamin C, folat, zat besi, kalsium, dan magnesium.

Kesimpulan



Sayur semur tahu merupakan makanan khas Indonesia yang populer. Makanan ini terbuat dari tahu, sayuran, dan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, dan cabe rawit. Sayur semur tahu sehat karena mengandung protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral yang baik untuk tubuh. Makanan ini juga kaya akan serat dan rendah kalori, sehingga baik untuk diet dan mengurangi risiko obesitas.

Sayur semur tahu mudah dibuat dan cocok untuk disajikan pada berbagai kesempatan. Jadi, jika Anda ingin mencoba membuat sayur semur tahu, coba ikuti resep di atas. Selamat mencoba dan selamat menikmati!

Posting Komentar untuk "Sayur Semur Tahu, Makanan Khas Indonesia Yang Sehat Dan Lezat"