Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Stik Pisang Balado


Cara Membuat Stik Pisang Radea
Cara Membuat Stik Pisang Radea from www.radea.co

Bahan-Bahan

Untuk membuat stik pisang balado ini, Anda membutuhkan bahan-bahan sebagai berikut:

  • 6 buah pisang kepok, kupas dan potong-potong
  • 100 gram tepung terigu
  • 50 gram tepung beras
  • 2 butir telur ayam
  • 75 gram gula pasir
  • 20 gram margarin, lelehkan
  • 1 sendok teh garam
  • Secukupnya air mineral
  • 2 sendok makan minyak goreng
  • 200 gram bawang merah goreng
  • 10 buah cabai rawit, iris tipis-tipis
  • Secukupnya terasi, haluskan

Cara Membuat

Langkah pertama adalah membuat adonan. Campur tepung terigu, tepung beras, garam, gula pasir, telur, dan margarin dalam wadah. Aduk hingga tercampur rata dan adonan terasa lembut. Setelah itu, tambahkan air mineral secukupnya sambil diaduk hingga adonan terasa lembut. Jangan lupa untuk menutup adonan agar tidak mengering.

Kemudian, siapkan wajan dengan minyak goreng. Ambil adonan dan pipihkan. Beri isian pisang yang telah dipotong sebelumnya. Lalu gulung adonan hingga tertutup. Goreng stik pisang hingga berwarna kuning kecoklatan. Jangan lupa untuk menggorengnya dengan api sedang agar tidak gosong.

Cara Membuat Balado

Setelah stik pisang selesai digoreng, Anda dapat membuat baladonya. Panaskan minyak goreng di wajan. Tumis bawang merah hingga harum, lalu tambahkan cabai rawit, dan terasi. Aduk rata hingga cabai mulai layu. Setelah itu, masukkan stik pisang yang telah digoreng tadi. Aduk rata hingga stik pisang terbalut sempurna dengan bumbu balado. Matikan api dan sisihkan.

Resep stik pisang balado siap disajikan. Anda dapat menyajikannya dengan nasi hangat atau lontong. Stik pisang balado ini juga cocok untuk disajikan sebagai camilan untuk keluarga. Nikmati sajian stik pisang balado yang lezat dengan keluarga.

Kandungan Gizi

Stik pisang balado mengandung gizi yang cukup tinggi. Stik pisang sendiri mengandung kalori, protein, lemak, karbohidrat, serat, asam folat, dan beberapa mineral, seperti kalium, magnesium, fosfor, dan zat besi. Kalori yang terkandung dalam stik pisang balado berasal dari karbohidrat, yaitu sekitar 83 kalori.

Selain itu, stik pisang balado juga mengandung lemak, yaitu sekitar 4,8 gram. Lemak ini berasal dari minyak goreng yang digunakan untuk menggoreng stik pisang. Protein yang terkandung dalam stik pisang balado berasal dari telur dan tepung yang digunakan untuk membuat adonan, yaitu sekitar 4,5 gram.

Selain itu, stik pisang balado juga mengandung serat, asam folat, dan beberapa mineral. Serat yang terkandung dalam stik pisang balado berasal dari pisang dan tepung, yaitu sekitar 1,4 gram. Asam folat yang terkandung dalam stik pisang balado berasal dari pisang, yaitu sekitar 20 mikrogram. Mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, dan zat besi juga terkandung dalam stik pisang balado.

Stik pisang balado adalah makanan yang kaya akan nutrisi. Makanan ini dapat dikonsumsi oleh orang dewasa maupun anak-anak. Namun, pastikan untuk tidak mengonsumsi stik pisang balado berlebihan karena dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.


Posting Komentar untuk "Resep Stik Pisang Balado"