Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Sambal Ayam Geprek Maknyus


Resep Sambal Matah Cocok Disajikan dengan Ayam Goreng, Dijamin Maknyus ! News+ on RCTI+
Resep Sambal Matah Cocok Disajikan dengan Ayam Goreng, Dijamin Maknyus ! News+ on RCTI+ from www.rctiplus.com

Sambal ayam geprek memang sedap dan mantap. Walaupun rasanya tajam, tetapi masih ada yang suka. Resep sambal ayam geprek maknyus ini akan memberikan rasa yang lebih mantap lagi. Rasa pedas dan manisnya akan menggoda lidah Anda. Resep sambal ayam geprek maknyus ini cukup mudah. Yang penting, Anda harus mempersiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan dengan matang.

Bahan-bahan

  • 5 buah cabai rawit merah,
  • 3 siung bawang merah,
  • 2 siung bawang putih,
  • Garam secukupnya,
  • 5 sdm gula pasir,
  • 3 sdm minyak goreng,
  • 2 sdm kecap manis,
  • 2 sdm saus tiram,
  • 1/2 sdt kaldu ayam bubuk,
  • Ayam geprek sebanyak 3 ekor.

Cara Membuat Sambal Ayam Geprek Maknyus

1. Siapkan dan bersihkan bahan-bahan

Pertama hal yang harus dilakukan adalah menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Bersihkan cabai rawit, bawang merah, dan bawang putih. Potong semua bahan-bahan menjadi serpihan kecil-kecil. Setelah itu, siapkan juga ayam geprek.

2. Tumis bumbu

Panaskan minyak goreng. Setelah panas, masukkan bawang merah dan bawang putih. Tumis hingga harum. Setelah itu, masukkan cabai rawit dan tumis selama 1-2 menit. Setelah itu, masukkan gula pasir, garam, saus tiram, kecap manis, dan kaldu ayam bubuk. Aduk rata.

3. Masukkan ayam geprek

Setelah bumbu tumis sempurna, masukkan ayam geprek. Aduk rata hingga ayam tercampur dengan bumbu sempurna. Tambahkan sedikit air dan masak hingga ayam geprek matang. Jika sudah matang, angkat dan sisihkan.

4. Koreksi rasa

Setelah ayam geprek matang, cek rasa. Jika perlu, tambahkan garam, gula pasir, atau saus tiram sesuai selera. Koreksi rasa hingga sesuai selera.

5. Siapkan sambal ayam geprek

Setelah itu, masukkan ayam geprek ke dalam bumbu tumisan. Aduk rata hingga semua bahan tercampur merata. Sambal ayam geprek maknyus siap disajikan.

Kandungan Gizi

Sambal ayam geprek maknyus mengandung gizi yang cukup lengkap. Kandungan gizi yang terkandung dalam resep ini antara lain: protein, lemak, karbohidrat, kalsium, zat besi, vitamin A, dan vitamin C. Protein yang terkandung dalam sambal ini dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan anak. Lemak di dalamnya juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Karbohidrat akan memberikan energi untuk beraktivitas, sedangkan kalsium, zat besi, vitamin A, dan vitamin C akan membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Kesimpulan

Sambal ayam geprek maknyus adalah salah satu makanan yang enak dan bergizi. Resep sambal ayam geprek ini cukup mudah dan dapat disajikan untuk berbagai acara. Rasanya yang mantap dan pedas juga akan menggoda lidah Anda. Jadi, cobalah membuat sambal ayam geprek maknyus di rumah dan pastikan untuk mempersiapkan bahan-bahan dengan matang. Selamat mencoba!


Posting Komentar untuk "Resep Sambal Ayam Geprek Maknyus"